Breaking News:

Tak Hanya Pohon Tumbang, Ada Dua Titik Longsor di Baregbeg Ciamis Saat Hujan Deras Melanda

Ada dua tanah longsor saat hujan deras melanda Baregbeg, Ciamis, sore tadi.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Andri M Dani
Tembok penahan tebing (TPT) bawah jalan menuju Pasirdatar Baregbeg ini runtuh saat hujan lebat Rabu (8/12) sore. Runtuhan TPT menimbun sisi jalan raya Ciamis-Kawali (dekat Kampus Unigal) yang ada di bawahnya 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Badai hidrometeorologi yang ditandai dengan turun hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama disertai angin kencang yang terjadi di Ciamis Rabu (8/12/2021) sore tidak hanya menyebabkan 4 pohon tumbang di Jalan Raya Ciamis-Kawali di Gajahbarong Baregbeg, tapi juga menyisakan dua titik longsor.

Yakni longsor tembok penahan tebing (TPT) Jalan Pasir Datar dekat persimpangan dengan jalan raya Ciamis-Kawali.

TPT sepanjang sekitar 10 meter disisi jalan menuju Pasir datar Desa Mekarjaya Baregbeg tersebut runtuh melorot dan menimbun bagian sisii jalan raya Ciamis-Kawali tak jauh dari Kampus Unigal tersebut.

Runtuhnya TPT tersebut tidak hanya mengancam ruas jalan menuju Pasirdatar tetapi juga mengancam rumah warga yang ada di atas TPT.  

Kemudian di Blok Raksa Bumi, RT 04 RW 10, Dusun Ciwahangan, Desa/Kecamatan Baregbeg, dua  pohon tumbang.

Yakni pohon  rambutan dan pohon mahoni yang tumbuh di sisi jalan dari Raksabumi menuju Perum Baladewa dan Ciwalung (jalan dekat Puskesmas Baregbeg).

“Pohon rambutan yang tumbang menimpa sisi jalan menuju Ciwalung sudah berhasil disingkirkan warga tadi sore juga, jalan sudah bisa dilewati,” ujar Rudiat, warga Blok Raksabumi Rt 04 RW 10 Dusun Ciwahangan kepada Tribun Rabu.

Sementara pohon mahoni yang tumbang diterjang angin kencang Rabu (8/12) sore sekitar pukul 15.30 tersebut rubuhnya tidak ke jalan. Tetapi tumbang ke jurang tebing bawah jalan.

Namun pohon mahoni yang tumbang tersebut tunggul dan akar-akarnya membawa serta sebagian badan jalan sehingga tebing jalan menuju Ciwalung dari arah Raksabumi tersebut longsor.

“Sebagian badan terbawa longsor akibat pohon mahoni tumbang ke bawah tebing jalan,” katanya.

Dikhawatirkan bila ruas jalan yang sisinya longsor terbawa pohon tumbang tersebut dibiarkan, bukan tak mungkin terjadi longsor susulan akibat hujan deras dan bisa membuat ruas jalan putus.

“Sekarang kan sering hujan, khawatir terjadi longsor susulan bisa ruas jalan menuju Ciwalung putus,” ujar Rudiat.

Hujan mengguyur Ciamis sejak pukul 15.30 cukup awet. Sampai pukul 21.30 malam Rabu hujan belum kunjung reda.

Baca juga: Dihantam Empat Pohon, Lima Tiang Listrik Oleng, Malam Ini Baregbeg Ciamis Gelap Gulita

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved