Breaking News:

Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat Secara Virtual Diikuti Warga DKI Jakarta, Jabar dan Banten

Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Pencak Silat Indonesia (DPP PPSI) gelar pasanggiri virtual seni ibing pencak silat ke-10 tingkat nasional Kota Bandung

Penulis: Cipta Permana | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Cipta Permana
Peserta kelompok usia anak-anak menunjukkan kemampuannya untuk di nilai para juri dalam kegiatan pasanggiri virtual DPP PPSI Tahun 2021 yang digelar secara hybrid, Kamis (25/11/2021) / Cipta Permana. 

Laporan wartawan TribunJabar.id, Cipta Permana.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Pencak Silat Indonesia (DPP PPSI) gelar pasanggiri virtual seni ibing pencak silat ke-10 tingkat nasional di Kota Bandung secara hybrid.

Kegiatan rutin tahunan tersebut, digelar secara hybrid, akibat situasi pandemi covid-19 yang belum berakhir.

Ketua Umum DPP PPSI, Adil Fadillah Kusumah mengatakan, kegiatan pasanggiri sebagai upaya melestarikan Pencak Silat di masyarakat.

Baca juga: UMK Kota Cirebon Naik, Segini Besaran Kenaikannya, Diklaim Tertinggi di Jabar

Apalagi, pencak silat diakui sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO.

"Sebagai warisan dunia oleh UNESCO, maka pencak silat harus terus di jaga kelestariannya hingga diteruskan oleh anak cucu kita. Kegiatan pasanggiri inijadi salah satu upaya kami dalam melestarikan pencak silat di masyarakat," ujarnya saat ditemui usai kegiatan pembukaan pasanggiri seni ibing pencak silat di Yayasan Atikan Sunda (YAS, Kota Bandung, Kamis (25/11/2021).

Dengan digelar rutin, selama dua tahun sekali ini, ia berharap regenerasi dan pembinaan di setiap perguruan pencak silat dapat terus berlangsung.

"Para peserta pasanggiri virtual DPP PPSI 2021 ini diikuti oleh berbagai kelompok usia dan berbagai kepengurusan daerah PPSI," katanya.

Baca juga: Pelajar SMA yang Rudapaksa dan Habisi Nyawa Bocah 10 Tahun di Bandung Terancam Hukuman Mati

Pihaknuya optimistis akan memberikan dampak motivasi dan menambah jumlah para pelestari seni budaya tradisi Pencak Silat di tanah air.

"Apalagi saat ini terdapat sekitar 3000 paguron (perguruan) pencak silat di Indonesia," ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved