Breaking News:

Perjuangan Unan, Guru di Purwakarta Setiap Hari ke Sekolah Lewati Jalan Licin Berbatu dan Lumpur

Setiap hari Unan (39), guru di pedalaman Purwakarta harus berjuang menempuh 20 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam menuju ke sekolah

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/IRVAN MAULANA
Unandar, seorang guru yang bertugas di Desa Parungbanteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta berangkat menuju sekolah, Rabu (24/11/2021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Hari guru yang diperingati setiap 25 November selalu memunculkan kisah menarik perjuangan seorang guru tentu sangat menarik untuk diulas.

Seorang guru bernama Unandar berusia 39 tahun ini, bertugas di pedalaman Kabupaten Purwakarta. Ia merupakan seorang guru pengajar di SDN 1 Parungbanteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Setiap hari Unan, sapaan akrab Unandar, harus berjuang menempuh jarak 20 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam menuju ke sekolah tempat ia mengajar.

Waktu tempuh yang begitu lama dikarenakan kondisi jalan yang licin dan berbatu terbilang cukup ekstrem untuk dilalui sepeda motor yang dikendarai Unan.

"Kami setiap hari berangkat dari rumah di Kecamatan Tegalwaru menuju  SDN 1 Parungbanteng menempuh perjalanan kurang lebih selama 1 jam," ujar Unan ketika diwawancara saat pulang sekolah di Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Rabu (24/11/2021).

Hambatan Unan menuju ke sekolah terbilang cukup banyak, bahkan terkadang cuaca juga menjadi penyebab memperlambat perjalanan Unan.

"Kalau musim hujan kaya gini memang lebih parah, dalam kondisi jalanan kering saya memang bisa menempuh satu jam. Tapi kalau hujan bisa dua kali lipat lebih lama," kata dia.

Selain jalanan licin berbatu, kondisi jalan berliku nan terjal itu juga dipenuhi lumpur tanah merah yang menghambat roda kendaraan.

"Selain ban motor sering selip terhambat lumpur kalo musim hujan. Jembatan yang saya lalui juga masih belum selesai dibangun, di situ berbahaya juga," imbuhnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved