Breaking News:

Ridwan Kamil: di Balik Keindahan Jabar Banyak Potensi Bencana Banjir dan Longsor, Ini Jumlahnya

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan jika Jawa Barat termasuk daerah yang memiliki resiko tinggi terjadi bencana banjir dan longsor. 

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/NAZMI ABDURRAHMAN
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memeriksa kesiapan pasukan dari K9 Polda Jabar yang disiapkan untuk membantu BPBD dalam menghadapi resiko bencana di Jabar, saat apel gelar pasukan di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (23/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan jika Jawa Barat termasuk daerah yang memiliki resiko tinggi terjadi bencana banjir dan longsor

"Di Balik keindahan tanah Jawa Barat itu ada dinamika lingkungan, jumlah sungai terbanyak di Indonesia mengalir di tanah jawa. Bencana bersifat hidrologis terbanyak di Jawa Barat, di tanah datar air jadi banjir dan di tahan curam air jadi longsor," ujar Ridwan Kamil, di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (23/11/2021). 

Gubernur yang akrab disapa Emil ini mengatakan, Jawa Barat memiliki 5.000 lebih desa dan 19 desa di antaranya masuk dalam risiko tinggi bencana. 

"Dan 3.500 masuk bencana sedang. Dari bencana itu yang rawan longsor ada 242 desa, mayoritas bencana sampai hari ini ada di Jabar selatan," katanya. 

Mengantisipasi terjadinya bencana, pihaknya menetapkan Jabar siaga satu bencana. Sebab, kata dia, berdasarkan prakiraan cuaca hujan masih akan terus terjadi sampai Januari 2022. 

"Siaga satu ini diingatkan kepada warga-warga yang rumahnya di bantaran sungai, jangan menunggu terjadi bencana baru melakukan pergerakan. Mudah-mudahan dengan kesiapsiagaan ini dapat mengurangi kebencanaan di Jawa Barat," ucapnya. (*)

Baca juga: 39 Titik di DAS Sungai Cimanuk Majalengka Rawan Banjir, Pemukiman Terdampak Bencana

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved