Breaking News:

Sempat Makan Korban, Wisatawan yang Berkunjung ke Curug Malela Diminta Waspada Saat Cuaca Ekstrem

Pemkab Bandung Barat mengimbau wisatawan ke Curug Malela berhati-hati karena pernah memakan korban ketika terjadi bencana alam.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: taufik ismail
Istimewa/ dok Disparbud Bandung Barat
Suasana pengunjung di Curug Malela, Kabupaten Bandung Barat. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Wisatawan yang akan berkunjung ke objek wisata Curug Malela di Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB) diminta untuk lebih waspada saat cuaca ekstrem seperti yang kerap terjadi saat ini.

Pasalnya, debit air di aliran sungai Curug Malela ini berpotensi meningkat terutama saat terjadi hujan deras.

Kondisi seperti ini bisa membahayakan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, Heri  Partomo mengatakan, kewaspadaan tersebut perlu dilakukan wisatawan karena berkaca pada tahun 2019 lalu, ada 3 orang warga sekitar yang terseret aliran sungai di Curug Malela saat kondisi airnya deras.

"Dulu pernah banjir bandang di Curug Malela, jadi wisatawan harus meningkatkan kewaspadaan, terutama saat berkunjung ketika terjadi cuaca ekstrem," ujarnya saat dihubungi, Minggu (21/11/2021).

Terkait antisipasi kejadian yang sama terulang lagi, pihaknya menyerahkan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kecamatan Rongga, maupun pengelola objek wisata Curug Malela itu sendiri.

Kendati demikian, pihaknya tidak akan sampai memberlakukan skema buka tutup di objek wisata tersebut karena Curug Malela baru saja dibuka setelah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 atau sekitar beberapa bulan lalu.

"Kita tetap izinkan buka, tapi tetap harus melihat kewaspadaan karena kita tidak bisa memprediksi kejadian banjir bandang," kata Heri.

Namun, pihaknya memastikan untuk saat ini kawasan Curug Malela ini bisa lebih aman untuk kunjungi wisatawan karena ada beberapa spot yang sudah dibenahi.

"Kalau melihat kondisi beberapa spot yang sekarang, Insya Allah akan lebih aman. Kalau waktu itu ada yang terbawa arus karena lagi berada di tengah (sungai)," ucapnya.

Heri mengatakan, meski beberapa spot Curug Malela sudah aman dikunjungi, tetapi pengawasan wisatawan masih perlu dilakukan oleh pengelola agar mereka tidak sampai menginjak titik yang berbahaya seperti aliran sungai.

"Saya kira mereka sudah paham betul, intinya waspada saja terkait cuaca ekstrem seperti saat ini," ujar Heri.

Baca juga: Wisatawan Luar Dilarang ke Sukabumi Saat Tahun Baru, Hanya Warga Lokal yang Boleh Tapi Dengan Syarat

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved