Breaking News:

Laman Bawaslu Sering Diserang Hacker, Pernahkan Terjadi Pencurian Data?

belajar dari pengalaman dari teman-teman di Bawaslu serangan hacker ke laman Bawaslu itu muncul sebelum, saat berlangsung, dan setelah pemilihan

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Tribun Jabar/Irvan Maulana
Kepala Pusdatin Bawaslu RI Lita Gustina usai rapat koordinasi Bawaslu Jabar di Hidden Valley Hills, Kabupaten Purwakarta, Selasa (16/11/2021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA- serangan hacker kerap kali mengganggu laman resmi Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI).

Para penjahat siber tersebut umumnya muncul sebelum, saat berlangsung, dan setelah tahapan pemilihan umum (pemilu).

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Bawaslu RI, Lita Gustina, dalam acara Rapat Koordinasi Evaluasi Pengelolaan Kehumasan, Peliputan dan Dokumentasi Bawaslu se-Jawa Barat, mengatakan, gangguan penjahat siber tersebut masih bisa diatasi.

"Saya sebetulnya belum di tahap itu yah (pemilihan), tapi belajar dari pengalaman dari teman-teman di Bawaslu serangan itu muncul sebelum, saat berlangsung, dan setelah pemilihan. Mereka ingin melakukan perusakan terhadap website," ujar Lita usai rapat di Hidden Valley Hills, Kabupaten Purwakarta, Selasa (16/11/2021).

Ia mengklaim sejauh ini, gangguan hacker dapat diatasi dan tidak berdampak begitu buruk meski mengganggu keamanan terhadap laman Bawaslu RI.

Baca juga: Puluhan Kali Hacker Nyaris Membobol Website Pemkot Sukabumi, Sempat Jebol Ini yang Dilakukan

Berdasarkan analisis, kebanyakan para hacker hanya mengotak-atik dan mengubah tampilan antar muka.

"Yah itu tadi, kita sejauh ini bisa mengatasi serangan-serangan itu, mereka hanya menganti tampilan layar beranda dan semacamnya, sejauh ini tak pernah terjadi pencurian data," kata dia.

Lita juga memastikan laman Bawaslu Jawa Barat dinilai paling aman karena masih satu subdomain dengan Bawaslu RI.

Hanya, ia mengakui kapasitas penyimpanan masih sedikit, namun Bawaslu RI di tiap daerah juga akan menyesuaikan dengan inovasi-inovasi baru sehingga kapasitasnya juga bisa bertambah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved