Breaking News:

Istimewanya Sirkuit Mandalika, Pakai Aspal yang Hanya Dipakai di Empat Sirkuit di Dunia

Di luar insiden unboxing ilegal sepeda motor Ducati, Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat, tetaplah "monumen" membanggakan bagi Indonesia. 

Editor: Giri
Biro Pers Kepresidenan/Agus Suparto
Presiden Joko Widodo menjajal Sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat, Jumat (12/11/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Di luar insiden unboxing ilegal sepeda motor Ducati, Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat, tetaplah "monumen" membanggakan bagi Indonesia. 

Selain akan dipakai untuk balapan MotoGP tahun depan, sirkuit ini memakai aspal yang tak semua sirkuit di dunia menggunakannya.

Melansir unggahan akun Instagram Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Pertamina Mandalika International Street Circuit bisa dibilang sebagai sirkuit yang teknologinya paling maju di dunia.

Yakni stone mastic asphalt (SMA).

Merupakan campuran aspal yang digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal.

Tujuannya, memperkuat struktur lapisan permukaan dengan prinsip kontak stone by stone. Sehingga volume aspal yang dipergunakan pun menjadi kecil.

Saat ini baru ada tiga sirkuit dengan teknologi SMA yaitu Silverstone di Inggris, Yas Marina di Abu Dhabi, dan Phillip Island di Australia.

Jadi, Sirkuit Mandalika menambah daftarnya menjadi yang keempat di dunia.

Direktur Kontruksi dan Pengembangan dari Mandalika Grand Prix Associaton (MGPA), Dwianto Eko Wiryanto, menyampaikan, tidak semua sirkuit di dunia menggunakan campuran SMA.

Karena satu di antara jenis aspal campuran ini terbilang baru mulai digunakan pada tahun 2014-2015.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved