Breaking News:

Aliran Sungai Citanduy Ditutup, Dialihkan ke Terowongan Kembar 1.080 Meter Bendungan Leuwikeris

Aliran air sungai Citanduy yang menjadi batas alam Ciamis dan Tasikmalaya tersebut dialihkan ke dua buah terowongan masing-masing 1.080 meter

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/ANDRI M DANI
Aliran Sungai Citanduy resmi ditutup dialihkan ke dua terowongan dengan masing-masing 1.080 meter pada Jumat (12/11/2021). Ini sebagai pertanda dimulainya pembangunan konstruksi bangunan utama Bendungan Lewuikeris, Ciamis. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Tepat pukul 10.00 Jumat (12/11) ditandai dengan sirine yang meraung-raung, aliran air Sungai Citanduy ditutup.

Aliran air sungai yang menjadi batas alam Ciamis dan Tasikmalaya tersebut dialihkan ke dua buah terowongan masing-masing sepanjang 1.080 meter yang berada di bawah tebing setinggi 80 meter tersebut.

Kedua terowongan tersebut berada di Dusun Guha Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis.

Pengalihan aliran sungai (river diversion)  secara simbolis didahului dengan penekanan tombol sirinenya  dilakukan Wabup Ciamis Yana D Putra, Walikota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih, Wabup Tasikmalaya dan pejabat yang mewakili Walikota Tasikmalaya, pejabat dari Ditjen Sumberdaya Air KemenPUPR, Eko Winar Irianto, Kepala BBWS Bambang Hidayat ME, satker Bendungan Leuwikeris Budi Prasetyo dan pejabat lainnya.    

Pengalihan aliran Sungai Citanduy ke dua terowongan terpanjang di Indonesia tersebut merupakan progres baru tahapan pembangunan Bendungan Leuwikeris.

Ini sebagai pertanda dimulainya pembangunan bangunan utama bendungan (main dam).

Aliran Sungai Citanduy resmi ditutup dialihkan ke dua terowongan dengan masing-masing 1.080 meter pada Jumat (12/11/2021). Ini sebagai pertanda dimulainya pembangunan konstruksi bangunan utama Bendungan Lewuikeris, Ciamis.
Aliran Sungai Citanduy resmi ditutup dialihkan ke dua terowongan dengan masing-masing 1.080 meter pada Jumat (12/11/2021). Ini sebagai pertanda dimulainya pembangunan konstruksi bangunan utama Bendungan Lewuikeris, Ciamis. (TRIBUNJABAR.ID/ANDRI M DANI)

“Dengan ditutupnya Sungai Citanduy, dan dialihkannya aliran Sungai Citanduy ke dua terowongan yang berada di bawah kita berdiri ini. Pertanda dimulainya pembangunan bangunan utama bendungan (main dam),” ujar Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy, Bambang Hidayat ME dalam sambutannya.

Selama dilaksanakannnya pembangunan bangunan utama bendungan (maindam) tersebut menurut Bambang, aliran air Sungai Citanduy dialihkan ke terowongan kembali (inlet 1 dan inlet 2).

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved