Breaking News:

Dialami Vanessa Angel, Beriku 4 Faktor Empat Penyebab Kecelakaan di Jalan Tol Menurut Pakar

Empat faktor yang menjadi penyebab kecelakaan di jalan tol yaitu faktor pengemudi, faktor kendaraan, faktor lingkungan jalan, dan faktor cuaca

Editor: Siti Fatimah
Istimewa/ Unit Laka Lantas Polres Purwakarta.
Ilustrasi - Petugas PJR Cipularang Serta Petugas Laka Lantas Polres Purwakarta saat Mengevakuasi Kendaraan Kecelakaan di Jalan Tol Cipularang KM 86, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta dari arah Jakarta menuju Arah Bandung, Minggu, (15/7/2021) 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kasus kecelakaan di jalan tol di Indonesia kerap terjadi dan belum lama ini menimpa pasangan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah. Artis cantik mengalami kecelakaan maut di jalan Tol Jombang, Jawa Timur.

Polisi masih terus mengungkap penyebab pasti kecelakaan yang telah merenggut nyawa Vanessa Angel dan suaminya tersebut.

Dikutip dari laman resmi UGM, Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (PUSTRAL) UGM, Iwan Puja Riyadi, S.T., menyebutkan empat faktor yang menjadi penyebab kecelakaan di jalan bebas hambatan, yaitu faktor pengemudi, faktor kendaraan, faktor lingkungan jalan, dan faktor cuaca.

Baca juga: BPKN RI Sebut Fasilitas Jalan Tol di Indonesia Tidak Aman, Tak Cuma Kondisi Jalan, Tapi Juga Hal Ini

“Kecelakaan yang terjadi pada umumnya tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja, melainkan hasil interaksi antarfaktor,” jelasnya.

Faktor pengemudi yang bisa menjadi penyebab kecelakaan misalnya kondisi pengemudi yang mengantuk, tidak fokus, atau kelelahan, menyetir di bawah pengaruh obat-obatan, narkotika, atau alkohol, atau menyetir sambil melihat gawai baik handphone atau tablet.

Selain itu, kesalahan bisa terletak pada pengemudi yang belum fasih atau bahkan belum bisa menyetir, ataupun melakukan kesalahan bereaksi saat menyetir, baik panik atau reaksi yang terlalu lambat.

“Hal yang penting adalah mengutamakan konsentrasi penuh sang pengemudi sebelum berkendara,” kata Iwan.

Baca juga: Cara Aman Mengemudi di Jalan Tol Menurut Rio Haryanto, Belajar dari Kasus Kecelakaan Vanessa Angel

Ia menambahkan, seorang pengemudi yang berkendara di jalan bebas hambatan harus mampu mengontrol laju kendaraan, sebab selama ini banyak kecelakaan terjadi lantaran pengemudi melajukan mobilnya melebihi batas kecepatan yang diperbolehkan sehingga kehilangan kendali.

Meski melaju di jalan bebas hambatan, bukan berarti seorang pengemudi bisa bebas melajukan kendaraannya melampaui batas kecepatan yang telah ditentukan.

“Batasan tersebut tentunya sudah melalui diperhitungkan agar aman saat dilintasi kendaraan. Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan dan bukan jalan di mana pengemudi dengan bebas memacu kecepatan,” ucapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved