Breaking News:

Akses Jalan Terputus, Longsor Terjang Sejumlah Titik di Kabupaten Bandung Barat

Hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyebabkan bencana longsor di sejumlah titik

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Siti Fatimah
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Ilustrasi - Kondisi longsor di Kampung Cikole, RT 05/06, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (19/10/2021) sore. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyebabkan bencana longsor di sejumlah titik hingga menyebabkan akses jalan terputus, Selasa (2/11/2021).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB mencatat sedikitnya ada empat titik longsor.

Peristiwa longsor ini terjadi dalam waktu yang berdekatan, sehingga petugas langsung melakukan penanganan di lokasi kejadian.

Baca juga: Elis Kuraesih Hanya Bisa Memeluk Anaknya saat Material Longsor Menjebol Dinding Rumahnya di Dago

Longsor pertama terjadi Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, KBB hingga menyebabkan arus lalu lintas di Jalan Kolonel Masturi terputus akibat badan jalan tertutup material longsor.

"Intensitas hujan yang cukup tinggi mengakibatkan tebing di tepi Jalan Kolonel Masturi mengalami longsor. Material longsor berupa tanah dan pepohonan mengurug badan jalan," ujar Kepala BPBD KBB, Duddy Prabowo saat dihubungi.

Tak hanya itu, akibat longsor itu akses jalan di sekitar Imah Seniman juga tertutup material dan saat ini sedang proses evakuasi agar jalur tersebut bisa kembali terbuka seperti biasanya.

Baca juga: Sedang Tidur, Warga Dago Bandung Ini Kaget Rumahnya Tiba-tiba Tertimpa Longsor, Dapur Hancur

"Untuk sementara akses kita tutup. Belum bisa dilintasi," kata Duddy.

Kemudian, kata dia, longsor tebing juga terjadi di sejumlah titik Bandung Barat bagian utara seperti di Kecamatan Lembang, Parongpong dan Cisarua yakni satu di Desa Cigugur Girang kemudian di Cisarua, Cikole dan Cikahuripan.

Sejauh ini, pihaknya belum menerima laporan korban jiwa akibat longsor yang terjadi di beberapa titik tersebut, tetapi pihaknya mengimbau, agar pengendara menghindari akses jalur jalan Kolonel Masturi untuk sementara waktu. 

Baca juga: Ratusan Rumah Terendam Banjir di Cianjur, Akses Jalan ke Selatan Tertutup Longsor

"Petugas sudah diterjunkan untuk mengevakuasi material longsor di jalan tersebut," ucapnya.

Ia mengatakan, saat masuk musim hujan seperti saat ini masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan terutama yang berdomisili di tempat rawan longsor seperti daerah utara.

"Termasuk akses ke lokasi wisata perlu kewaspadaan terutama hujan deras dan angin kencang," kata Duddy.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved