Breaking News:

Warga Garut Wajib Waspada, Curah Hujan Tinggi Mulai Bikin Sungai-sungai Meluap

Luapan air yang berasal dari Sungai Cipalebuh di Kecamatan Pameungpeuk juga mengakibatkan satu rumah warga hancur terbawa arus. 

Penulis: Sidqi Al Ghifari | Editor: Ravianto
Dok UPT Damkar Pameungpeuk
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut sedang memeriksa banjir akibat meluapnya Sungai Cipalebuh, Garut, Rabu (27/10/2021) malam. 

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut sebut masyarakat saat ini harus waspada dengan adanya perubahan cuaca yang signifikan. 

Beberapa wilayah di Kabupaten Garut sudah memasuki musim hujan sehingga ada wilayah yang mengalami banjir karena luapan sungai seperti yang terjadi di Kecamatan Pameungpeuk. 

"Luapan sungai Cipalebuh sore kemarin mengakibatkan 25 rumah terdampak dan lima rumah waspada karena berada dekat dengan bibir sungai," ujarnya saat dihubungi Tribunjabar.id, Kamis (28/10/2021). 

Luapan air yang berasal dari Sungai Cipalebuh di Kecamatan Pameungpeuk juga mengakibatkan satu rumah warga hancur terbawa arus. 

Namun menurutnya rumah tersebut sebelumnya sudah tidak berpenghuni sehingga tidak ada korban jiwa. 

"Ya (hanyut) atas nama almarhum Pak Ade, rumah panggung cukup tua yang sudah lama tidak terisi dan kosong," ucapnya. 

Ia berharap masyarakat mampu meningkatkan komunikasi yang baik dengan pemerintahan desa dan kecamatan jika terjadi bencana banjir. 

Menurutnya perubahan cuaca yang menyebabkan tingginya curah hujan akan terjadi memasuki bulan November hingga Maret 2022.

Masyarakat diminta untuk meningkatkan gotong royong untuk membersihkan saluran-saluran yang mengalami penyumbatan agar saat hujan tiba debit air bisa mengalir dengan normal. 

"Kami berharap masyarakat bisa meningkatkan kembali sistem gotong royong untuk memperbaiki atau  penormalan saluran saluran yang terganggu supaya jaringan air hujan dapat secara normal dapat dilalui tampa ada hambatan," ucapnya.(sidqi al ghifari/tribun jabar) 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved