Breaking News:

Tak Ada Data Penyaluran Zakat di Portal Resmi Baznas Purwakarta, Warga Minta Transparan

Tak ada data penyaluran dan pendistribusian zakat di portal resmi milik Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Ichsan
Tak Ada Data Penyaluran Zakat di Portal Resmi Baznas Purwakarta, Warga Minta Transparan
tribunjabar/irvan maulana
Tak Ada Data Penyaluran Zakat di Portal Resmi Baznas Purwakarta, Warga Minta Transparan

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Tak ada data penyaluran dan pendistribusian zakat di portal resmi milik Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Purwakarta.

Jika dilihat dari data di portal resmi yang beralamat www.baznaskabpurwakarta.or.id tersebut, data penyaluran dan pendistribusian Baznas Purwakarta tidak terinput.

Sebelumnya ramai diperbincangan perihal konten YouTube Kang Dedi Mulyadi Channel yang menata warung kumuh di halaman kantor Baznas.

Atas adanya konten tersebut, kini Baznas Purwakarta tengah ramai diperbincangkan perihal alokasi dan pengelolaan dana zakat yang dirasa cukup ganjil oleh sejumlah masyarakat.

Baca juga: Rumah Zakat Siapkan Ambulans Gratis di 11 Kota di Indonesia, Ada Juga Tabung Oksigen, Ini Caranya

Berdasarkan hasil penelurusan Tribun pada laman baznaskabpurwakarta.or.id, data publikasi bidang pendistribusian memang tidak ditemukan, pada laman tersebut hanya tertulis No data available in table.

Menyoroti hal tersebut, Pemerhati Kebijakan Publik Purwakarta Tarman Sonjaya mengatakan, seharusnya pengelolaan dana zakat harus jelas dan transparan.

"Yang saya tahu Baznas itu mengelola zakat dari umat yang disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima zakat. Seharusnya memang dipublikasikan secara transparan," ujar Tarman ketika dihubungi Tribun, Rabu (27/10/2021).

Sebelumnya saat ditemui Tribun di Kantor Baznas Purwakarta pada Selasa (26/10/2021), Ketua Baznas Kabupaten Purwakarta Safarudin mengatakan, Baznas merupakan lembaga publik yang pertanggungjawaban keuangannya diaudit oleh lembaga publik dan dipertanggungjawabkan kepada publik.

Baca juga: Terima Donasi Rp 108 Juta, Eman Penjual Agar-agar Langsung Bayar Zakat, Amel Terharu dan Gemeteran

Tarman menjelaskan, setiap tahunnya Baznas mengelola dana zakat miliaran rupiah, belum termasuk dana operasional yang bernilai ratusan juta rupiah dari dana APBD.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved