Breaking News:

Persoalan Eceng Gondok di Waduk Jatiluhur Belum Usai, Terjebak Eceng di Danau Jadi Masalah Harian

Persoalan eceng gondok di Waduk Jatiluhur belum usai, hamparan eceng gondok itu masih menyisakan masalah

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/Irvan Maulana
Puluhan perahu terjebak di Dermaga Serpis Waduk Jatiluhur karena terhalang eceng gondok. 

Laporan Kontributor Tribun Jabar Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Persoalan eceng gondok di Waduk Jatiluhur belum usai, hamparan eceng gondok itu masih menyisakan masalah bagi para nakhoda, wisatawan, pengusaha ikan, maupun warga sekitar yang beraktivitas menggunakan transportasi air di waduk Jatiluhur.

Sebelumnya, puluhan wisatawan asal Jakarta terjebak eceng gondok saat dalam perjalanan pulang ke dermaga, mereka terjebak dari sore hingga menjelang tengah malam.

Koordinator Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Jatiluhur Atim Prihantono mengatakan, sehari setelah puluhan wisatawan terjebak eceng gondok, belasan orang yang menumpangi lima perahu berikut barang juga terjebak eceng gondok lagi di waduk Jatiluhur.

Baca juga: Terjebak Eceng Gondok Berjam-jam di Waduk Jatiluhur, 1 Ton Ikan Mati, Pengusaha Rugi Puluhan Juta

"Kemarin Juga ada 14 orang 5 perahu, mereka bawa muatan ikan terjebaknya dari dini hari, kita dapat laporan pukul 08.00 WIB, kita bersama Satpolairud baru berhasil mengevakuasi sekitar pukul 13.00 WIB," ujar Atim ketika ditemui Tribun di Kantor ASDP Jatiluhur, Rabu (20/10/2021).

Atim mengungkap, pihaknya telah berulang kali mengingatkan agar para nakhoda tidak berlayar pada malam hari, namun mereka yang mayoritasnya para nelayan tentu berlayar adalah sumber mata pencahariannya.

"Mereka baik para nelayan atau nakhoda mungkin mata pencahariannya disitu, kita mau melarang juga gimana, hanya saja membatasi wisatawan atau pengunjung, bagi mereka yang usahanya disitu mungkin kita cuma bisa kasih pinjam pelampung sama tambahan bekal makanan," kata dia.

Atim mengatakan, pihak ASDP rutin memberi tambahan bekal makanan berupa air mineral dan makanan ringan, hal itu berguna jika hamparan eceng mengisolasi perahu mereka, mereka bisa bertahan dengan makanan tersebut, "Kami juga beri pinjam pelampung bagi mereka yang akan berlayar, sebab di cuaca seperti sekarang situasi juga sulit ditebak," ucapnya.

Baca juga: Cerita Samad di Purwakarta Semalaman Terjebak di Tengah Eceng Gondok di Bendungan Jatiluhur

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved