Breaking News:

Kisah Nahkoda Kehilangan Nyawa, Meninggal di Perahu, Gara-gara Eceng Gondok di Waduk Jatiluhur

Seorang nakhoda perahu dikabarkan meninggal dunia setelah terjebak eceng gondok di waduk Jatiluhur.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Siti Fatimah
Eceng gondok di Waduk Jatiluhur 

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Tak hanya sekali, kejadian terjebak eceng gondok di waduk Jatiluhur ternyata kerap terjadi, bahkan sekira sebulan lalu, seorang nakhoda perahu dikabarkan meninggal dunia setelah terjebak eceng gondok di waduk Jatiluhur.

Seperti diketahui sebelumnya, 22 wisatawan dan dua orang nakhoda perahu terjebak eceng gondok di waduk Jatiluhur, Minggu (17/10/2021), mereka berhasil dievakuasi pada Senin dini hari (18/10/2021).

Nakhoda perahu yang terjebak eceng gondok semalam di Waduk Jatiluhur, Muhammad Soleh (Guing) mengatakan, terjebak eceng gondok sudah sering ia dan rekan nakhoda alami sewaktu berlayar di Jatiluhur.

Baca juga: Cerita Nakhoda yang Bawa 22 Wisatawan Jakarta Terjebak di Waduk Jatiluhur, Kelaparan di Gelap Malam

"Saya sering, bukan sekali dua kali. Cuma kita yang namanya pekerjaan sehari-hari jadi udah biasa," ujar Guing ketika diwawancara Tribun di waduk Jatiluhur, Senin (18/10/2021).

Ia mengatakan musim eceng gondok tahun ini termasuk yang terparah menurut sepengetahuannya.

"Sekarang mah lebih parah, kalau ditengah itu tinggi eceng bisa 1 meter, malah lebih tinggi dadi perahu kita, kalau sudah terjebak sulit karena sangat rapat," kata dia.

Baca juga: Tim SAR Gabungan Berhasil Selamatkan Warga yang Terjebak di Waduk Jatiluhur, 1 di Antaranya Balita

Dijelaskan guing, kemarin ia bersama kawannya mengangkut rombongan wisatawan asal Jakarta, namun menjelang sore hamparan eceng gondok mengarah ke arah tepi tempat ia dan penumpangnya berlabuh, hingga malam hari ia terjebak tak bisa menyebrang ke dermaga Serpis yang merupakan dermaga asalnya.

"Jadi memang sudah ditembus, baling-baling perahu sudah patah, kami berdua juga habis bahan bakar," kata dia.

Lebih lanjut diceritakan Guing, ia pernah terjebak selama dua malam dengan kondisi kehabisan perbekalan, bahkan sekira sebulan yang lalu seorang nakhoda dikabarkan meninggal terjebak eceng gondok.

Baca juga: BREAKING NEWS, 23 Orang Dilaporkan Terjebak di Waduk Jatiluhur Purwakarta, Tim SAR Menuju Lokasi

"Dulu ada, kisarab bulan lalu, dia masih nakhoda menjnggal di perahu," imbuhnya.

Diketahui, nakhoda tersebut meninggal karena terjebak saat hendak menyebrang ke dermaga Serpis untuk mengobati sakitnya di pusat kesehatan wilayah Jatiluhur.

"Dia memang orang sebrang kondisinya sakit, mau berobat kesini, karena dia sendiri nakhoda dia jalan sendiri baru sampai pertengahan perahunya terjebak. Dia sendiri terlambat berobat sakitnya makin parah, akhirnya tak tertolong," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved