Breaking News:

Wujudkan Ketahanan Pangan, Pemkot Bandung Luncurkan Program Rapatar, Ini Tujuannya

Program terbaru Pemkot adalah Rapatar (Rancangan Aksi Pangan Lestari) merupakan aksi pangan berkelanjutan

Penulis: Tiah SM | Editor: Siti Fatimah
Wali Kota Bandung Oded M Danial bersama TNI Polri di De Marrakesh 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wali Kota Bandung Oded M Danial bersama TNI Polri menanam pohon jilid 3 di komplek perumahan  De Marrakesh, Kecamatan Rancasari, Kamis (14/10).

Pemkot Bandung terus berupaya menjaga, mengkreasi dan menginovasi pertanian perkotaan atau Urban Farming dalam rangka penguatan ketahanan pangan.

Program terbaru Pemkot adalah Rapatar (Rancangan Aksi Pangan Lestari) merupakan aksi pangan berkelanjutan dengan tujuan untuk mencapai ketahanan pangan keluarga yang rata.

Baca juga: Oded Optimistis Target 100% Vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung Tercapai Akhir Tahun, Ini 2 Alsannya

Oded selain meluncurkan program Rapatar juga meresmikan  Buruan SAE P2L atau Pekarangan Pangan Lestari sebagai penguatan Buruan SAE yang didukung pemerintah pusat dan provinsi.

Menurut Oded, Kota Bandung sebagai kota metropolitan hampir 96 persen lebih pangannya  didatangkan dari berbagai daerah luar Kota Bandung, bahkan luar Jawa Barat.

Untuk itu, Pemkot Bandung melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian telah menciptakan beberapa inovasi dan program unggulan.

Baca juga: Pemerintah Dorong Pemakaian Aplikasi PeduliLindungi di Pasar, Oded: tak Ada yang tak Mungkin

Di antaranya Buruan SAE atau kebun di perkotaan yang terintegrasi terus bergerak dalam membangun ketahanan pangan.

Buruan SAE telah memperoleh apresiasi dari sejumlah pihak.

“Sebagai kota metropolitan, Kota Bandung  tidak punya sawah yang luas seperti kabupaten atau daerah lain. Insyaallah Bandung akan menjadi kota yang istimewa sangat juara kalau masyarakatnya bisa mandiri pangan,” ujar Oded.

Oded mengatakan dalam rangka penguatan ketahanan pangan,  Kota Bandung terus melakukan terobosan-terobosan dalam melaksanakan 'ngageulisan' wilayah Kota Bandung dengan program Buruan SAE.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved