Breaking News:

Atalia Kamil Minta Pelaku UMKM Jabar Tak Putus Asa, Gandeng Marketplace Jadi Mitra Usaha

Atalia Praratya Ridwan Kamil, minta kepada pelaku UMKM jangan sampai mundur dan putus asa dalam menghadapi kendala dalam usaha.

Penulis: Tiah SM | Editor: Kisdiantoro
TRIBUN JABAR/ZELPHI
Atalia Praratya Kamil 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Barat (Dekranasda Jabar) Atalia Praratya Ridwan Kamil, minta kepada pelaku UMKM jangan sampai mundur dan putus asa dalam menghadapi kendala dalam usaha.

Semangat dan bermental baja dalam menjalankan roda bisnis adalah modal utama dalam upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

"Pandemi Covid-19, merupakan satu ujian, bagaimana caranya bisa bangkit dari keterpurukan setelah pandemi? Salah satunya harus ada inovasi," ujar Atalia saat Virtual Media Briefing Tokopedia Peluncuran Festival Fashion Local Jawa Barat,  Senin (11/10). 

Festival  Fashion digelar Tokopedia, berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Dekranasda Jabar).

Atalia berharap Tokopedia bisa membantu pelaku UMkM dalam mengembangkan usahanya, walau untuk transaksi digital di Jabar masih terkendala di antaranya,masih sedikit pelaku UMKM yang terkoneksi dengan penjualan secara online. 

Baca juga: Bangkitkan Ekonomi Jabar, Ridwan Kamil Kembangkan Metopolitan Rebana, Siapkan 13 Kawasan Industri

"Saat ini hidup di kota besar, sangat mudah mengakses internet, tapi masih banyak di Jabar seperti  Garut, Cianjur, Subang atau kawasan pelosok lainnya, sangat sulit mendapatkan akses internet," ujar Atalia.

Kendala lainnnya, masyarakat Indonesia  belum bisa memaksimalkan penggunaan telepon pintar.

"Judulnya sih memang telepon pintar tapi hanya digunakan untuk nelepon berbagai pesan di SMS atau WhatsApp. menggunakan sosial media hanya untuk bersenang senang, jarang dipakai bisnis," ujarnya.

Menurut Atalia, dari 3 jam waktu yang digunakan untuk mengakses internet, harus disosialisasikan bagaimana caranya agar waktu tersebut bisa optimal  bertransaksi jual beli secara online.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved