Breaking News:

Whatsapp, Facebook, dan Instagram Sempat Down, Pengusaha Sebut Komunikasi Bisnis Terganggu

Kejadian ini dirasakan sangat mengganggu aktivitas masyarakat yang mengandalkan aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak orang tersebut

Kolase (Pixabay dan Livinglegend.net)
Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg sampai meminta maaf soal Facebook, WhatsApp, dan Instagram yang down. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Layanan milik Facebook Inc, seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp, mengalami gangguan atau down di sejumlah negara termasuk di Indonesia, sejak Senin (4/10/2021) malam sampai Selasa (5/10/2021) pagi.

Kejadian ini dirasakan sangat mengganggu aktivitas masyarakat yang mengandalkan aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak orang tersebut. Tidak sekedar untuk komunikasi, namun mengganggu urusan bisnis dan pekerjaan.

Banyak pengguna Facebook, WhatsApp, dan Instagram, di berbagai negara melaporkan mereka tidak bisa membuka aplikasi tersebut, sementara feed di Instagram tidak bisa di-refresh dan hanya menampilkan tulisan "couldn't refresh feed."

Baca juga: Heboh WhatsApp, Facebook, dan IG Error, Mark Zuckerberg Sampai Minta Maaf, Ini Penyebab Bisa Down

Pengguna WhatsApp tidak bisa mengirim serta menerima pesan, baik teks, foto, atau video. Begitu pun dengan bagian story.

Pengusaha di bidang desain asal Kelurahan Margasari, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung, Hana Zainab (29), mengatakan gangguan tersebut berdampak pada bisnisnya karena komunikasi dengan pelanggan terganggu.

Ia mengatakan, pemesanan dan pembayaran jasa desain dan produknya terlambat sehari akibat gangguan tersebut.

"Mengganggu, ada transaksi yang akhirnya baru barusan diselesaikan pagi. Karena terhalang, buyernya mau nanya nomor rekening, keburu gangguan. Tapi memang buyernya ini adanya di WhatsApp," katanya saat ditemui, Selasa (5/10).

Ia mengatakan, di luar aplikasi milik Facebook tersebut, semuanya lancar. Bahkan Twitter, TikTok, dan Youtube pun berjalan lancar. Aplikasi pesan Telegram pun tidak berkendala. Juga aplikasi market place.

Baca juga: BREAKING NEWS WhatsApp, Facebook dan Instagram Normal Lagi Pagi Ini

"Kalau yang Shopee mah lancar, di Shopee kemarin kebtulan ada transaksi. Pelajarannya, kita harus mulai usaha lewat market place juga, tidak tergantung dengan jualan hanya di sosmed. Juga punya aplikasi pesan alternatif," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved