Breaking News:

Kisah Brand Sepatu Lokal Bandung, Athletica yang Maju Saat Pandemi, Sempat Pinjam Emas buat Modal

Berawal dari mimpi sepasang sahabat, Fauzan Efwanda & Yusuf Ramdhani memulai bisnis saat kuliah dengan sisihkan modal Rp 5 juta pada 2010.

Dok. Shopee
Pemilik Athletica Yusuf Ramdhani 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Berawal dari mimpi sepasang sahabat, Fauzan Efwanda & Yusuf Ramdhani memulai bisnis ketika masih kuliah.

Mulai dari menyisihkan sebagian tabungan dengan modal Rp 5 juta pada 2010, Fauzan dan Yusuf membuat brand sepatu berbahan kulit yang saat itu sedang menjadi trend.

Bahkan mereka juga meminjam emas dari orangtua untuk dijual sebagai modal mimpi berwirausaha.

Bisnis yang berjalan selama 3 tahun ini pun harus mengalami penurunan karena naiknya harga bensin yang mempengaruhi harga bahan baku dan proses produksi sepatu kulit.

Dalam program local brand story Shopee 10.10 yang diadakan secara virtual, Yusuf menceritakan, daya beli masyarakat  pun mengalami dampaknya sehingga mereka mengalami kesulitan.

Melihat usaha sepatu kulitnya  yang mulai meredup, Fauzan dan Yusuf pun  mulai  fokus pada brand kedua yang mereka miliki yaitu GeoffMax yang jauh lebih ekonomis dengan produk sepatu kanvas.

“Sejak awal kami memiliki visi dan misi untuk menunjukan potensi produk lokal. Kami percaya, pelaku usaha lokal memiliki peran penting  untuk terus meyakinkan masyaraka bahwa produk lokal memiliki potensi yang kuat dan dapat bersaing secara global,” ujar Yusuf saat wawancara secara virtual, Selasa (28/9/2021).

Keputusan kedua pengusaha muda di tahun 2013 untuk fokus menjual  sepatu canvas dengan harga terjangkau, membawa mereka untuk berani menghadirkan Athletica pada tahun 2020.

Setelah sukses dengan Geoffmax, Fauzan & Yusuf memberanikan diri untuk menciptakan brand Athletica, sebagai brand olahraga lokal yang memiliki identitas sendiri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved