Breaking News:

Progres KCIC Makin Besar, Empat Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung Dibuat Ikonik Bakal Bikin Betah

Progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) telah mencapai 78,65 persen. KCJB yang dibangun sepanjang 142,3 kilometer akan memiliki

Editor: Darajat Arianto
DOK KCIC
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menuntaskan salah satu pekerjaan struktur layang atau elevated Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) telah mencapai 78,65 persen. KCJB yang dibangun sepanjang 142,3 kilometer akan memiliki empat stasiun.

Keempat stasiun tersebut yaitu Stasiun Halim di Jakarta, Stasiun Karawang, Stasiun Hub di Padalarang, dan Stasiun Tegalluar, Bandung.

General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Mirza Soraya mengatakan, stasiun KCJB akan dibangun secara ikonik dengan mengadaptasi gaya modern-kultural.

"Stasiun pemberhentian KCJB akan dirancang dengan perpaduan modern-kultural dengan fasilitas yang dapat membuat pengunjung betah berlama-lama," kata Mirza kepada Kompas.com, Jumat (16/09/2021).

Mirza mencontohkan Stasiun Halim yang merupakan stasiun awal KCJB akan dibangun dengan mengimplementasikan material modern seperti alumunium panel dengan material alami seperti kayu dan bambu untuk menciptakan suasana khas ragam seni Indonesia.

"Untuk Stasiun Halim itu akan dibangun dua lantai dengan menggabungkan material modern seperti panel dan kayu," ujarnya.

Stasiun Halim juga dilengkapi sejumlah fasilitas seperti sistem ticketing cashless, area VIP, area khusus disabilitas, area komersil, lounge, concierge, dan area parkir yang terintegrasi.

"Pembelian tiket nantinya dapat dilakukan melalui Ticket Vending Machine (TVM)," ucapnya.

Selanjutnya, Stasiun Tegalluar yang merupakan pemberhentian akhir KCJB juga akan didesain dengan konsep serupa.

Bedanya, interior stasiun dirancang dengan menampilkan khas Tatar Sunda.

Halaman
12
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved