Breaking News:

Bupati Sumedang Dorong Pengusaha Pariwisata Miliki Sertifikat CHSE Agar Bisa Buka di Tengah Pandemi

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meminta pelaku usaha pariwisata di wilayahnya mengajukan sertifikasi CHSE, yakni Cleanliness, Health, Safety,

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/ Kiki Andriana
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat memberikan keterangan kepada TribunJabar.id di Gor Tadjimalela, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (2/8/2021). 

Laporan Kontributor TribunJabar. Id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR. ID, SUMEDANG - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meminta kepada para pelaku usaha pariwisata di wilayahnya untuk mengajukan sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environtment Sustainability) ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. 

CHSE merupakan proses pemberian sertifikat kepada usaha pariwisata, sehingga bisa memenuhi standar pada bidang kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan di era pandemi Covid-19. 

Menurut Dony, sertifikat CHSE adalah salah satu syarat utama untuk pengajuan agar bisa diizinkan menggelar uji coba pembukaan di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3.

Sebab, lanjut Dony, jika mengacu kepada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021 kaitannya dengan pelonggaran di zona PPKM Level 3, yakni daerah yang masih menyandang status PPKM Level 3 belum diperbolehkan untuk beroperasi.

Namun, kata Dony, ada klausul yang memiliki sertifikat CHSE bisa mengajukan ke Kemenparekraf untuk menggelar uji coba operasional destinasi pariwisata

"Silakan ajukan sertifikat CHSE, karena jika sudah mengantongi sertifikat tersebut bisa mengajukan izin untuk
menggelar uji coba pembukaan di masa PPKM Level 3, " ucap Dony Ahmad Munir saat ditemui TribunJabar.id, di Gedung Negara Sumedang, Kamis (16/9/2021). 

Selain itu Dony menyebutkan, pihaknya berharap Sumedang yang kini musih menyandang status PPKM Level 3 bisa menyandang status PPKM Level 2. 

"Saya berharap, Sumedang dapat segera menyandang status Level 2 agar kehidupan masyarakat bisa berjalan normal, namun dengan protokol kesehatan yang ketat," katanya. 

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Pariwisata Sumedang Nana Mulyana mengatakan, ia mendorong agar para pelaku usaha pariwisata di Sumedang untuk segera mengajukan sertifikasi CHSE.

Sebab, kata dia, sertifikat CHSE menjadi salah satu syarat pembukaan usaha pariwisata di tengah Pandemi Covid-19.

"Kami dari PUTERI (Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia) memfasilitasi kepada anggota untuk mengurus sertifikat CHSE tersebut," ujar Nana.  (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved