Breaking News:

The Lodge Maribaya KBB Bersama 20 Objek Wisata Lain di Jawa Mulai Diujicoba Buka Saat PPKM Level 3

Pemkab Bandung Barat belum mengajukan tambahan objek wisata yang akan melakukan ujicoba pembukaan saat PPKM Level 3 selain The Lodge Maribaya

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/Putri Puspita Nilawati
Spot yang menjadi icon wisatawan saat berkunjung ke tempat wisata The Lodge Maribaya, Lembang, Minggu (20/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum mengajukan tambahan objek wisata yang akan melakukan ujicoba pembukaan saat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 ini.

Untuk saat ini, baru objek wisata The Lodge Maribaya Lembang saja yang sudah diizinkan melakukan ujicoba membuka operasional bersama 20 objek wisata lain di Pulau Jawa yang menerapkan PPKM Level 3.

"Belum ada (yang diajukan ke Kemenparekraf)," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat Heri Partomo melalui pesan singkat, Minggu (12/9/2021).

Sementara untuk ujicoba pembukaan objek wisata The Lodge Maribaya, bakal berlangsung selama satu pekan dan nantinya akan menentukan nasib objek wisata di Bandung Barat apakah diperbolehkan untuk buka sepenuhnya atau tidak.

"Kalau hasilnya baik, mungkin nanti bertambah beberapa destinasi wisata yang bakal ujicoba dibuka. Kalau nanti misalnya setelah ujicoba pengunjung membludak dan berdampak buruk, mungkin akan jadi pertimbangan," katanya.

Selama ujicoba dilaksanakan, pengelola objek wisata tersebut wajib melaporkan progres dan evaluasi kegiatannya setiap hari, termasuk penerapan teknis izin masuk wisatawan sesuai surat edaran yang segera diterbitkan pemerintah daerah. 

Sedangkan untuk teknisnya, yakni mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kemenparekraf dan Kementerian Kesehatan, wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan screening terhadap semua pengunjung dan pegawai objek wisata dan anak di bawah usia 12 tahun dilarang untuk masuk.

"Sebetulnya sih kalau melihat kesiapan semua (wisata) sudah siap buka. Tapikan kebijakan dr pusat diujicoba dulu. Makanya minggu ini sangat menentukan nasib wisata di KBB," ucap Heri.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengatakan, agar tidak ada kesan diskriminasi bagi pengelola objek wisata lain, pihaknya memberikan solusi ke Pemkab Bandung Barat untuk mengajukan objek wisata yang akan diujicoba pembukaan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved