Kebakaran di Lapas Tangerang

Diduga Ada Tindak Pidana Dalam Kebakaran Lapas Tangerang, 20 Orang Diperiksa, Napi Hingga Petugas

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Adi Hidayat berujar, pihaknya memeriksa 20 saksi karena diduga ada tindak pidana

Editor: Siti Fatimah
ilham rian pratama/tribunnews
Kondisi sel di Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas I Tangerang, Banten yang terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari. (ilham rian pratama/tribunnews) 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kebakaran Lapas Tangerang yang terjadi pada Rabu dini hari masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Meski sempat dinyatakan bahwa kebakaran diduga akibat konsleting listrik.

Namun kini dugaan mengarah adanya tindakan pidana dari kasus kebakaran tersebut.

Sebanyak 41 korban meninggal akibat kebakaran yang melanda Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Kota Tangerang, Rabu (8/9/2021) dini hari.

Baca juga: Pasca Kebakaran Lapas Tangerang, Kadiv PAS Jabar Intruksikan Tingkatkan Kewaspadaan

Fakta lain dari kondisi Lapas Tangerang yang terbakar hebat.
Fakta lain dari kondisi Lapas Tangerang yang terbakar hebat. (Tribunnews.com)

Untuk menyelidiki dugaan penyebab pasti kebakaran Lapas Tangerang, sebanyak 20 orang diperiksa sebagai saksi.

Adanya pemeriksaan saksi-saksi ini untuk menindak lanjuti ada tidaknya dugaan tindak pidana dari peristiwa kebakaran ini.

Baca juga: KEBAKARAN LAPAS TANGERANG, Satu Orang Asal Sukabumi Jawa Barat, Dilarikan ke RS, Ini Kondisinya

Kondisi di Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas I Tangerang, Banten yang terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari. (ilham rian pratama/tribunnews)
Kondisi di Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas I Tangerang, Banten yang terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari. (ilham rian pratama/tribunnews) (ilham rian pratama/tribunnews)

Dikutip dari Kompas.Com, dalam kebakaran yang terjadi di Blok C2 itu diketahui ada 41 korban tewas, delapan orang luka berat, dan 72 orang luka ringan.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Adi Hidayat berujar, pihaknya memeriksa 20 saksi karena diduga ada tindak pidana yang terjadi.

Sebanyak 20 saksi itu terdiri petugas lapas yang piket saat kebakaran terjadi, petugas lapas yang berada di sekitar tempat kejadian perkara (TKP), dan napi selamat yang menempati Blok C2.

Baca juga: Fakta Lapas Kelas 1 Tangerang yang Terbakar dan Merenggut 41 Nyawa, Sudah Berusia 49 Tahun

Kondisi di Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas I Tangerang, Banten yang terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari. (ilham rian pratama/tribunnews)
Kondisi di Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas I Tangerang, Banten yang terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari. (ilham rian pratama/tribunnews) (ilham rian pratama/tribunnews)

"Karena diduga terjadi tindak pidana, maka kami mengumpulkan alat bukti," ungkap Tubagus kepada awak media, Rabu.

"Disamping alat bukti, ada juga pemeriksaan saksi yang saat ini bekerja sama dengan Polres Metro Tangerang Kota," sambungnya.

Saat ini, sebanyak 20 orang itu sedang diperiksa di Mapolres Metro Tangerang Kota, Kota Tangerang.

Baca juga: Ada Aura Horor Lihat Iring-iringan Ambulans Dari Lapas yang Terbakar, Begini Cerita Pemilik Warung

Kebakaran terjadi di Lapas Kelas 1 Tangerang
Kebakaran terjadi di Lapas Kelas 1 Tangerang (KompasTV)

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Rika Aprianti sebelumnya menyatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 01.50 WIB.

"Betul, kebakarannya terjadi sekitar pukul 01.50 WIB. Kebakaran bermula dari Blok C Lapas Kelas I Tangerang," kata Rika.

Kepolisian menduga bahwa kebakaran tersebut terjadi lantaran korsleting listrik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Duga Ada Tindak Pidana dalam Kebakaran Lapas Tangerang, Napi hingga Petugas Diperiksa",

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved