Breaking News:

Dorong Pertumbuhan Industri Dalam Negeri, PLN Realisasikan TKDN Lebih Dari 50 Persen

PLN UIP JBT memanfaatkan produk industri domestik dalam proyek-proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan

Editor: Siti Fatimah
dok PLN UIP JBT
PLN UIP JBT memanfaatkan produk industri domestik dalam proyek-proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - PT PLN (Persero) terus mendorong pertumbuhan industri dalam negeri. Pemenuhan terhadap ketentuan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), satu bukti nyata komitmen perusahaan.

Termasuk dalam melaksanakan kebijakan pemerintah dan mendukung program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) pada sektor ketenagalistrikan. 

PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) turut mendukung upaya ini.

Baca juga: Atasi Kondisi Darurat, PLN UIP JBT Berikan Bantuan Mobil Siaga

Memanfaatkan produk industri domestik dalam proyek-proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah, PLN UIP JBT berhasil dorong TKDN melampaui 50 persen.

“Meski ada beberapa komponen yang belum dapat diproduksi di dalam negeri, namun pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan PLN di Jawa Barat dan Jawa Tengah dominan didukung oleh industri dalam negeri. Baik dalam pengadaan barang maupun jasa,” ujar Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Agung Murdifi dalam keterangan resmi yang dikutip Tribun, Senin (30/8/2021). 

Agung menyebutkan perhitungan capaian TKDN mengacu pada Peraturan Menteri Perindustrian No. 054 Tahun 2012 tentang Pedoman Penggunaan Produk Dalam Negeri Untuk Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan.

Baca juga: Tingkatkan Pengamanan dan Pengawasan Proyek, PLN Bersinergi dengan Kejati dan Polda Jawa Tengah

Capaian rata-rata TKDN PLN UIP JBT terbagi menjadi tiga sektor, yakni TKDN sektor pembangkitan 55,58 persen, TKDN sektor transmisi 81,41 persen, dan TKDN sektor gardu induk 62,62 persen.

“Pencapaian TKDN tentunya tidak lepas dari dukungan para stakeholders, baik dengan pemerintah, konsultan maupun kontraktor. Kami berharap kerja sama dan sinergi yang baik antar stakeholders dapat meningkatkan capaian TKDN di sektor ketenagalistrikan,” kata Agung. 

Selain meningkatkan implementasi TKDN, PLN UIP JBT juga terus berupaya menunjukkan komitmennya  dalam mendukung pilar Green pada Transformasi PLN.

Di antaranya dengan menyelesaikan pembangunan pembangkit renewable energy/Energi Baru Terbarukan (EBT) serta beberapa proyek kelistrikan lainnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved