Breaking News:

Warga Belum Sepenuhnya Sadar, Sampah Kasur Masih Ditemukan di Aliran Sungai Citarum

Masih ada saja warga yang membuang sampah ke sungai atau anak Sungai Citarum. Bahkan sampah itu ada yang berbentuk kasur.

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin | Editor: Giri
Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin
Komandan Sektor 6 Citarurum Harum, Kolonel Arh Didik Suswand. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Masih ada saja warga yang membuang sampah ke sungai atau anak Sungai Citarum. Bahkan sampah itu ada yang berbentuk kasur.

Hal tersebut diungkapkan oleh Komandan Sektor 6 Citarurum Harum, Kolonel Arh Didik Suswandi, saat ditemui di Kolam Retensi Cieunteung, Baleendah, Kabupaten Bandung, Kamis (26/8/2021).

Didik mengungkapkan, secara kasat mata kondisi Sungai Citarum saat ini sudah terlihat jelas beberapa perbedaan, jauh lebih bersih.

"Untuk pengendalian sampah, sampah yang menggunung yang ada di Sungai Citarum sudah relatif bersih, sudah terangkut," ujar Didik.

Didik mengatakan, di lingkungan sekitar Sungai Citarum, desa-desa di bantaran sungai sudah teredukasi dan masing-masing sudah membentuk satu wadah, atau memiliki manajemen sampah di lingkungannya masing-masing.

"Hal ini saya lakukan supaya masyarakat terkendali, tidak membuang sampah sembarangan, baik itu di Sungai Citarum langsung, anak sungai, cucu sungai, maupun di saluran-saluran kecil, yang akhirnya menumpuk menuju ke Sungai Citarum," ucap dia.

Sungai Citarum, kata Didik, pada dasarnya, sudah bersih dari sampah.

"Hanya saja pada saat musim hujan, terkadang mendapat kiriman sampah, baik itu dari Sumedang, Rancaekek, pasar-pasar (yang ada di hulu) di atas. Lalu meluap kala banjir, itu yang menyebabkan Sungai Citarum kembali tercemari oleh sampah," ujar Didik.

Tentang penanganan limbah industri, Didik mengatakan, beberapa pabrik sudah diuji dan diberikan edukasi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved