Mall di Daerah Level 3 PPKM Boleh Buka, Begini Aturan Main Pusat Perbelanjaan di Majalengka

Bupati Majalengka, Karna Sobahi telah mengeluarkan Surat Edaran tentang perpanjangan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hing

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNCIREBON.COM/EKI YULIANTO
Penerapan protokol kesehatan di Toko UD Putra TS sebagai pusat perbelanjaan sandang terbesar di Majalengka, Rabu (11/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA - Bupati Majalengka, Karna Sobahi telah mengeluarkan Surat Edaran tentang perpanjangan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 16 Agustus 2021 mendatang.

Dalam surat edaran nomor: 443.1/1226/BPBD tentang perpanjangan kedua PPKM Level 3 Covid-19 di wilayah Majalengka itu, menyangkut berbagai ketentuan untuk tetap menjaga mobilitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Salah satunya, terkait kegiatan di pusat perbelanjaan, mal atau pusat perdagangan.

Dalam salah satu poinnya, seluruh pusat perbelanjaan di Majalengka diharapkan dapat menerima pengunjung hanya dengan 50 persen dari jumlah kapasitas.

Jam operasional nya pun hanya dari pukul 08.00 WIB sedangkan 20.00 WIB atau 12 jam.

"Penduduk dengan usia di bawah 12 tahun dan di atas 70 tahun untuk sementara tidak diperkenankan datang ke mal," ujar Karna dalam keterangan resmi yang diterima Tribuncirebon, Rabu (11/8/2021).

Sementara, dalam aturan itu bioskop, tempat bermain anak-anak dan tempat hiburan di dalam pusat perbelanjaan, mal atau pusat perdagangan sementara ditutup.

Salah satu pengelola pusat perbelanjaan, Dede Aryana mengatakan, pihaknya berkomitmen atas apa yang telah menjadi kebijakan pusat, provinsi maupun pemerintah daerah.

Disampaikannya, pihaknya pun melakukan pengetatan pengunjung dengan menerapkan 50 persen dari jumlah kapasitas gedung.

"Penerapan itu dilakukan dengan cara mengontrol dari awal pintu masuk dan imbauan dan tindakan jika kapasitas sudah melebihi 50 persen," ujar Dede selaku Humas Toko UD Putra TS.

Selain itu, pihaknya juga melakukan penerapan jaga jarak terutama di titik-titik keramaian seperti di tempat pembayaran.

Lanjutnya, Dede juga menyampaikan bahwa imbauan terus dilakukannya melalui pengeras suara secara berkala.

"Sesuai aturan yang ada, kami juga menutup wahana bermain anak yg berpotensi menimbulkan kerumunan dan terus imbauan prokes dilakukan berupa audio secara berkala," ucapnya.

Sementara, dalam lam salinan instruksi Mendagri diketahui, Kabupaten Majalengka masuk ke wilayah level 3.

Penetapan level PPKM ini didasari oleh indikator-indikator yang sudah ditetapkan Menteri Kesehatan.

Tak hanya sendiri, Kabupaten Bekasi, Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Cirebon, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung juga masuk ke dalam kategori level 3 penyebaran Covid-19. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved