Breaking News:

PPKM Level 4 Berakhir Besok, Apakah Akan Diperpanjang?

Setelah dua kali diperpanjang, PPKM Level 4 berakhir besok, Senin (2/8/2021). Hingga Minggu pukul 21.00 WIB, pemerintah belum mengumumkan kelanjutan

Editor: Tarsisius Sutomonaio
WARTA KOTA/NUR ICHSAN
Petugas kepolisian memperketat pengamanan di Pos Penyekatan PPKM di Jalan Daan Mogot Km 19, Batuceper, Kota Tangerang, Sabtu (24/7/2021). Hal ini dilakukan untuk mencegah dan mewanti-wanti masuknya pengunjukrasa dari wilayah Tagerang menuju Jakarta. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Selama sebulan, pemerintah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM.

Setelah dua kali diperpanjang, PPKM Level 4 berakhir besok, Senin (2/8/2021). Hingga Minggu pukul 21.00 WIB, pemerintah belum mengumumkan soal kelanjutan pembatasan tersebut.

Hingga Minggu ini, jumlah kasus Covid-19 di Tanah Air mencapai 3.440.396 kasus, terhitung sejak kasus pertama pada 2 Maret 2020.

Terakhirnya, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang masa  PPKM level 4 hingga 2 Agustus 2021 yang semula berlaku pada 21-25 Juli.

Awalnya, pemerintah menerapkan PPKM darurat Jawa-Bali, 3-20 Juli 2021.

Baca juga: Wisata di Bandung Barat Kritis, PHRI Minta Obyek Wisata Dibuka Setelah PPKM Level 4 Berakhir

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, pernah mengatakan, pelonggaran pembatasan akan secara bertahap jika situasi pandemi Covid-19 membaik.

Salah satu indikatornya yakni penurunan angka kasus positif.

"Pada 26 Juli 2021, akan dilakukan relaksasi dan pembukaan bertahap di beberapa daerah apabila menunjukkan perbaikan dari semua sisi, terutama penurunan kasus dan indikator-indikator sesuai dengan acuan WHO (World Health Organization)," kata Luhut, dalam konferensi pers daring, Rabu (21/7/2021).

Luhut mengklaim, selama PPKM darurat diterapkan, tampak perbaikan pada sejumlah aspek, mulai dari mobilitas penduduk, penurunan kasus, hingga angka keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit.

Penurunan angka keterisian rumah sakit terjadi di sejumlah provinsi, seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat yang kini mencatatkan BOR sebesar 79 persen.

Baca juga: Pantai Balongan Indah Indramayu Merugi Sampai Rp 50 Juta Selama PPKM, APPI Berharap Adanya Stimulus

Halaman
12
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved