Breaking News:

Pak Uu Sebut Jabar Pengguna Medsos Tertinggi tapi Penyebar Hoaks Terendah, Minta Warga Tetap Waspada

Pak Uu mengungkapkan, dari hasil penelusuran Mabes Polri, warga Jabar adalah pengguna medsos tertinggi tapi terkecil pelaku hoaks.

Penulis: Firman Suryaman | Editor: Seli Andina Miranti
Istimewa/ dokumen pribadi Wagub Jabar
Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYAWakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, menghimbau warga Jabar tetap bijaksana dalam bermedia sosial di tengah pandemi Covid-19.

"Saya minta warga Jawa Barat tetap bijaksana dalam memanfaatkan medsos. Jangan sampai memudharatkan dan menyengsarakkan orang lain," kata Pak Uu, panggilan akrab Wagub, Sabtu (24/7/2021).

Ia mengungkapkan, dari hasil penelusuran Mabes Polri, warga Jabar adalah pengguna medsos tertinggi tapi terkecil pelaku hoaks.

Uu mengingatkan, dengan adanya share hoaks maupun berita palsu, tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan orang lain celaka ataupun berurusan dengan hukum.

Menurut Uu, warga harus menyadari bahwa pengaruh dan dampak media sosial sangat luar biasa. Termasuk hoaks-hoaks soal Covid-19.

"Ide apa pun, keinginan serta misi bisa dituangkan lewat media sosial. Baik yang mempunyai niat baik maupun yang mempunyai niat buruk. Makanya bijaklah dalam memanfaatkan medsos," ujar Pak Uu.

Ia mengungkapkan, hasil penelusuran Mabes Polri ada sekitar 50 juta penduduk Indonesia pengguna medsos. Sebagian besar atau 80 persen adalah warga Jabar.

Baca juga: Pak Uu Sebut Pemprov Jabar Akan Terus Berupaya Penuhi Insentif Tenaga Kesehatan di Jawa Barat

"Yang menarik, dari hasil penelusuran Mabes Polri itu, meski pengguna medsos tertinggi tapi pelaku penyebar hoaks hanya 11 orang," ujar Pak Uu.

Sementara provinsi-provinsi lain, tambah Pak Uu, banyak yang di atas 100 orang.

"Ini melegakkan. Tapi tetap kita harus waspada dan bisa menahan diri untuk tidak menyebar berita bohong tersebut," kata Wagub.

Baca juga: Pak Uu Wagub Jabar Ingatkan Potensi Penularan Virus Corona saat Penyembelihan Hewan Kurban

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved