Breaking News:

Gempa Bumi Malam Ini di Sulawesi Utara, Terasa hingga Manado, BMKG Minta Waspada Gempa Susulan

Fenomena alam gempa bumi baru saja terjadi di Barat Daya Kecamatan Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara pada Sabtu (24/7/2021

Editor: Mega Nugraha
Pixabay.com
Ilustrasi gempa bumi. 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Fenomena alam gempa bumi baru saja terjadi di Barat Daya Kecamatan Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara pada Sabtu (24/7/2021).

Info gempa bumi itu diketahui dari unggahan BMKG di laman resminya pada Sabtu (24/7/2021).

"Pusat gempa bumi berada di laut 121 km barat daya melonguane pada kedalaman 19 km," isi keterangan BMKG. Adapun gempa bumi tersebut berkeuatan lebih dari 5 magnitudo yakni 5.6 magnitudo.

"Getaran gempa bumi dirasakan berdasarkan skala MMI yakni skala MMI II-III di Siau dan skala MMI II dirasakan di Manado," isi keterangan BMKG.

Baca juga: Polisi Sukabumi Malam-malam Datangi Rumah Warga Miskin Lalu Bagikan Paket Sembako

Adapun gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami namun BMKG meminta warga untuk waspada akan adanya potensi gempa bumi susulan.

Perlu diketahui, MMI adalah singkatan dari Modified Mercalli Intensity. Di laman bmkg.go.id, Skala Mercalli adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi yang diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia yang bernama Giuseppe Mercalli pada tahun 1902.

Karena itu skala Mercalli adalah sangat subjektif dan kurang tepat dibanding dengan perhitungan magnitudo gempa yang lain.

Oleh karena itu, saat ini penggunaan Skala Richter lebih luas digunakan untuk untuk mengukur kekuatan gempa bumi.

Tetapi skala Mercalli yang dimodifikasi, pada tahun 1931 oleh ahli seismologi Harry Wood dan Frank Neumann masih sering digunakan terutama apabila tidak terdapat peralatan seismometer yang dapat mengukur kekuatan gempa bumi di tempat kejadian.

I MMI: Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved