Breaking News:

Ini Daftar Pusat Isolasi Mandiri di 24 Kecamatan di Ciamis, Mayoritas Pakai Gedung SMP

Sampai Jumat (23/7/2021) sore, 24 kecamatan dari 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis sudah mempersiapkan pusat isolasi mandiri.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Tarsisius Sutomonaio
tribun jabar/andri m dani
Satu orang dievakuasi ke Pusat Isolasi Covid-19 Wisma Haji Islamic Center Ciamis, Jumat (26/2) petang. 

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS– Upaya menyeluruh dilakukan Pemkab Ciamis untuk membendung lonjakan kasus penularan Covid-19. Satu di antaranya gerak cepat membentuk pusat isolasi mandiri di tiap kecamatan.

Sampai Jumat (23/7/2021) sore, 24 kecamatan dari 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis sudah mempersiapkan pusat isolasi mandiri.

Bahkan di antaranya sudah ada yang siap dioperasionalkan mulai Senin (26/7/2021). Tinggal tiga kecamatan yang belum informasikan pusat isoman.

Menurut Kadisdik Ciamis, Asep Saeful Rahmat, setelah pertemuan dengan Bupati Ciamis pada Jumat sore, dari 24 kecamatan yang sudah mempersiapkan pusat isoman, hanya tiga kecamatan yang tak menggunakan gedung SMP.

“Kecamatan Cikoneng menggunakan gedung SMK PGRI Cikoneng. Kecamatan Sindangkasih menggunakan gedung dakwah Khairul Ummah. Kecamatan Cidolog memilih SDN 1 Janggala jadi pusat isoman,” ujarnya kepada Tribun.

Ketiga lokasi tersebut tak terlalu jauh dari  puskesmas setempat. Misalnya, gedung SMK PGRI Cikoneng berdekatan dengan Puskesmas Cikoneng di Mandalika.

Baca juga: Pasien Covid-19 Isoman di Kota Tasikmalaya Mulai Mendapatkan Bantuan Obat-obatan dan Vitamin

Sebagian besar kecamatan, ucapnya, memang memanfaatkan Gedung SMP terdekat yang berada di kawasan ibu kota kecamatan untuk memudahkan pengawasan dan penanganan pasien.

Misalnya SMPN 1 Panumbangan jadi pusat isolasi mandiri untuk Kecamatan Panumbangan, SMPN 1 Baregbeg (Kecamatan Baregbeg), dan SMPN 1 Rajadesa (Kecamatan Rajadesa).

Khusus untuk Kecamatan Ciamis, ada dua gedung SMP yang digunakan untuk pusat isoman sesuai dengan wilayah kerja puskesmas, yakni SMPN 1 Ciamis untuk wilayah 7 kelurahan di Kecamatan Ciamis dan SMPN 8 untuk wilayah 8 desa di Kecamatan Ciamis.

Pemilihan gedung SMP sebagai lokasi pusat isoman untuk menekan ledakan angka kasus Covid-19 itu, kata Asep, lantaran sarana dan prasarana gedung SMP lebih lengkap.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved