Breaking News:

Pandemi Pukul Ekonomi, Tapi Orang Kaya di Indonesia Makin Banyak, Ini Daftar 10 Orang Terkaya RI

Meski ekonomi terganggu akibat pandemi Covid-19, jumlah orang kaya di berbagai negara justru mengalami kenaikan, termasuk di Indonesia.

Editor: Seli Andina Miranti
Net
Ilustrasi Uang 

TRIBUNJABAR.ID - Pandemi Covid-19 yang belum juga surut tak hanya memukul sektor kesehatan, tetapi juga berdampak besar pada sektor ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi negara-negara di dunia mengalami keterpurukan.

Namun, sebuah perusahaan investasi Credit Suisse baru-baru ini mengatakan, meski ekonomi terganggu akibat pandemi Covid-19, jumlah orang kaya di berbagai negara justru mengalami kenaikan, termasuk di Indonesia.

Baca juga: Sumber Kekayaan Ayu Ting Ting, Gudang Uangnya Banyak, tapi Kini Kehilangan Satu Penghasilan

Dilansir Tribunnews.com dari situs resmi Credit Suisse dan Financal Times, , jumlah orang di Indonesia dengan kekayaan lebih dari 1 juta US Dollar atau jika dikonversikan menjadi Rp 14,49 miliar ada 172.000 orang.

Jumlah itu bertambah 62,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Menurut Credit Suisse, faktor-faktor yang menyebabkan jumlah orang kaya di Indonesia semakin banyak meski pandemi covid-19 karena adanya kenaikan harga aset yang didorong suku bunga rendah.

Imbasnya mendorong harga aset di pasar keuangan.

Selain pada sektor keuangan, harga aset fisik seperti properti masih mencatat kenaikan meski lajunya melambat. Tahun 2020 misalnya indeks harga hunian residensial naik 1,55 persen(year on year/yoy).

Jutawan di tanah air berdasarkan Credit Suisse juga tidak bergantung kepada penghasilan bulanan saja. Investasi menjadi salah satu tambahan penghasilan, bahkan nilainya melebihi upah tetap yang perkembangannya hanya mengikuti laju inflasi.

Ekonom Faisal Basri di akun twitternya @FaisalBasri juga berkicau tentang kenaikan jumlah orang kaya di Indonesia. Menurutnya, pertambahan orang kaya karena adanya kenaikan harga aset.

Baca juga: Harta Kekayaan Rektor UI Rp 52,4 M, Ternyata Juga Menjadi Wakil Komisaris Utama BRI

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved