Breaking News:

BREAKIN NEWS Puluhan Napi Lapas Kelas II B Majalengka Tertular Virus Corona

Puluhan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kabupaten Majalengka tertular virus corona.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Eki Yulianto

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Eki Yulianto

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA- Puluhan warga binaan atau napi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kabupaten Majalengka tertular virus corona. Padahal, selama pandemi Covid-19, lapas tidak menerima kunjungan dari luar.

Akibatnya puluhan warga binaan tertular virus corona, seluruh aktivitas di Lapas Majalengka dibatasi  sementara waktu. Selama pandemi, warga binaan tidak bisa dijenguk. Gantinya, mereka bisa mengakses video call untuk berkomunikasi dengan warga.

"Iya ada 20 warga binaan yang positif setelah mengikuti tes antigen," ujar Kepala Lapas Kelas II B Majalengka, Suparman kepada Tribun, Senin (12/7/2021).

Suparman menjelaskan, awalnya ada seorang warga binaan yang melapor ke petugas karena mengalami gejala menjurus ke Covid-19.

Setelah dilakukan tes antigen terhadap yang bersangkutan ternyata hasilnya positif.

"Awalnya ditemukan 3 orang, salah satunya yang bergejala itu. Lalu kami tracing ke warga binaan yang mengalami gejala serupa, hasilnya ditemukan 20 warga binaan positif Covid-19," ucapnya.

Berdasarkan hasil tracing itu lah, total ada 20 warga binaan Lapas Kelas II B Majalengka yang terbukti positif Covid-19. Kendati demikian, mereka semua kini sudah tanpa gejala dan menjalani isolasi di satu blok ruang tahanan khusus.

Hal itu, agar tidak bercampur dengan warga binaan lain. Sebagai langkah antisipasi juga, pihak Lapas menerapkan pengetatan sementara dan pegawai bekerja dari rumah (work from home/WFH) 50 persen.

Sementara, pegawai yang bertugas mengurus warga binaan positif Covid-19 diwajibkan menggunakan APD lengkap.

"Kita fokus menangani yang positif, mereka dikamar terus, kecuali saat cuaca cerah disuruh berjemur, olahraga juga," jelas dia.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved