Breaking News:

Kisah Susu Mbok Darmi, dari Kantin Kampus yang Kini Sukses Miliki 36 Outlet dan 130 Karyawan

Pilihan usaha susu Mbok Darmi diambil Dhony karena tidak ingin mengikuti arus. Pasalnya, industri minuman kekinian yang booming di Indonesia

Editor: Darajat Arianto
DOK. ShopeePay
Penjualan Susu Mbok Darmi meroket hingga 36 persen saat saat mengikuti kampanye tanggal cantik dari ShopeePay. 

TRIBUNJABAR.ID – Berawal dari keinginan untuk menambah uang jajan saat kuliah, Dhony Pratama (27) kemudian berjualan susu di kantin kampusnya.

Pilihan usaha itu diambil Dhony karena tidak ingin mengikuti arus. Pasalnya, industri minuman kekinian yang booming di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir umumnya menawarkan jenis minuman berbahan dasar kopi atau teh.

Berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor, dia melihat peluang bisnis susu dari ilmu Peternakan yang dipelajari.

Pada awal memulai bisnis ini, Dhony ingin produk yang ditawarkan bisa menjangkau pasar dengan cepat.

“Oleh karena itu, kami memilih pasar yang sudah jadi seperti kantin kampus di mana target pasarnya sudah terbentuk, yaitu mahasiswa,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (6/7/2021).

Ketika banyak merek memilih nama kebarat-baratan, Dhony memilih jalan berbeda. Ia memilih nama “Mbok Darmi” sebagai merek. Nama tersebut dipilih karena terdengar sederhana dan bernuansa Indonesia.

Baca juga: Setelah Bear Brand Sekarang Susu Ini yang Dicari, Kini Peternak Kewalahan Jam 8 Pembeli Sudah Antre

Tak berhenti di nama, Susu Mbok Darmi juga tampil dengan slogan yang nyeleneh. Kombinasi dua hal tersebut berkontribusi pada pesatnya kenaikan popularitas Susu Mbok Darmi pada awal kemunculannya.

Langkah Dhony pun tergolong berhasil. Kini, susu Mbok Darmi berkembang pesat dari hanya satu outlet di kampus IPB menjadi 36 outlet dan telah mempekerjakan 130 karyawan.

Digitalisasi bisnis mengikuti perkembangan zaman

Dhony Pratama yang juga sebagai Chief Executive Officer (CEO) dan Founder Susu Mbok Darmi ini bercerita kesuksesan usahanya tidak hanya karena pemilihan produk dan branding. Namun juga karena digitalisasi bisnis.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved