Breaking News:

Dua Obat Ini Berpotensi Melawan Covid-19? Hasil Identifikasi Ilmuwan

Peneliti mengidentifikasi 200 obat yang disetujui dan diprediksi bekerja melawan Covid-19

Editor: Siti Fatimah
ilustrasi obat-obatan- Sebuah tim yang dipimpin oleh para peneliti dari Milner Therapeutics Institute dan Gurdon Institute Universitas Cambridge, mengidentifikasi 200 obat yang disetujui dan diprediksi bekerja melawan Covid-19. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat banyak peneliti berupaya menemukan obat yang bisa melawan Corona Virus.

Tentunya bila benar-benar bisa ditemukan, kehadiran obat ini bisa menjadi angin segar untuk mengatasi Covid-19 terutama di negara-negara yang masih memiliki kasus tinggi.

Selama ini sudah ada beberapa obat yang sempat disebutkan bisa membantu dalam pengobatan Covid-19, namun masih butuh penelitian lebih lanjut.

Baca juga: UPDATE Obat Covid-19, BPOM Izinkan Penggunaan Ivermectin di Luar Uji Klinik, Ini Syarat Ketatnya

Karena ini, dengan adanya penelitian ini, tentu banyak harapan obat ini bisa benar-benar mampu melawan Covid-19 agar wabah ini bisa segera berakhir pula.

Belum lama ini, pada sebuah penelitian yang diterbitkan Kamis (1/7/2021) di Science Advances terungkap bahwa sebuah tim yang dipimpin oleh para peneliti dari Milner Therapeutics Institute dan Gurdon Institute Universitas Cambridge, mengidentifikasi 200 obat yang disetujui dan diprediksi bekerja melawan Covid-19.

Dikutip dari Kontan.Id, diungkapkan, para peneliti ini menggunakan kombinasi biologi komputasi dan pembelajaran mesin untuk membuat peta komprehensif protein yang terlibat dalam infeksi SARS-CoV-2 dari protein yang membantu virus masuk ke sel inang hingga protein yang dihasilkan sebagai akibat infeksi. 

Dengan memeriksa jaringan ini menggunakan pendekatan kecerdasan buatan (AI), peneliti dapat mengidentifikasi protein kunci yang terlibat dalam infeksi, serta jalur biologis yang mungkin ditargetkan oleh obat-obatan. 

Hingga saat ini, sebagian besar pendekatan molekul kecil dan antibodi untuk mengobati Covid-19 adalah obat yang saat ini menjadi subjek uji klinis atau telah melalui uji klinis dan telah disetujui. 

Baca juga: IDI Tidak Rekomendasikan Ivermectin jadi Obat Covid-19, Tunggu Hasil Uji Klinik

Sebagian besar fokusnya untuk melawan virus utama atau target inang, atau menghentikan peradangan di mana pengobatan obat dapat digunakan sebagai intervensi. 

Melansir Medical Xpress, tim menggunakan pemodelan komputer untuk melakukan pemeriksaan dari hampir 2.000 obat yang disetujui dan mengidentifikasi 200 obat yang disetujui, yang dapat efektif melawan Covid-19

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved