Breaking News:

Ini Dia Komprei, Tanaman Herbal yang Punya Segudang Manfaat, Tapi Awas Jangan Sampai Salah Pemakaian

Ini dia sejumlah manfaat tanaman komprei untuk kesehatan. Tapi jangan sampai salah penggunaan, ya.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Andri M Dani
Tanaman komprei (symphytum officinale) tumbuh subur di halaman kediaman seorang warga di Lingkungan Bolenglang, Ciamis. Tanaman komprei ini merupakan tanaman yang berkhasiat obat, seperti obat encok, rematik, memar, patah tulang, terkilir maupun luka sebagai obat luar (dioles). 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Tanaman komprei (comfrey) yang tumbuh subur di halaman kediaman Jumali (65), di Gang Rambutan, Lingkungan Bolenglang, RT 4/5, Kertasari, Ciamis.

Tanaman tersebut sudah berumur 4 tahun.

Setiap tumbuhannya meninggi dan membesar, rumpun tanaman yang bernama latin symphytum officianale tersebut dipangkas dan tumbuh tunas baru.

“Ditanamnya 4 tahun lalu, sampai sekarang masih bertahan dan subur. Kalau sudah tinggi, sudah banyak kembangnya. Ya, dipangkas dan kemudan tumbuh tunas baru. Anakannya juga cepat tumbuh,”ujar Jumali kepada Tribun, Kamis (1/7/2021).

Anakan dari rumpun tanaman komprei yang tumbuh subur di halamannya tersebut menurut Jumali sering diminta.

Tidak hanya untuk obat, tetapi juga ditanam lagi.

“Memang tanaman komprei ini merupakan tanaman herbal yang berkhasiat obat. Makanya sering ada yang minta,” katanya.

Khasiat yang umum dari komprei menurut Jumali adalah sebagai obat encok, rematik, radang sendi, patah tulang (obat urut), luka, memar maupun terkilir.

Akar atau daun komprei digiling halus kemudian dibalurkan pada pada bagian yang terkilir, memar, atau ke bagian sendi yang mengalami peradangan, patah tulang maupun bagian yang encok dan rematik.

“Secara tradisional, komprei memang sudah turun temurun dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Macam-macam khasiat herbal komprei juga bisa ditelusuri di online,” ujar Jumali.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved