Breaking News:

Penerimaan Peserta Didik Baru Tahap 2, Berikut Jalur PPDB di Sukabumi

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021 tahap 2 di Sukabumi dimulai hari ini, Jumat (25/6/2021).

Penulis: M RIZAL JALALUDIN | Editor: Siti Fatimah
https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id/
ILUSTRASI PPDB SMA, SMK, SLB Jawa Barat 2021- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021 tahap 2 di Sukabumi dimulai hari ini, Jumat (25/6/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021 tahap 2 dimulai hari ini, Jumat (25/6/2021). Dalam Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 29 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Sekolah Luar Biasa.

Di BAB II bagian kelima jalur penerimaan peserta didik baru paragraf 1 Pasal 9, pendaftaran PPDB SMA di Daerah Provinsi dilaksanakan melalui jalur zonasi, jalur Afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali dan anak guru, dan jalur prestasi.

Untuk jalur zonasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a, diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berdomisili dalam wilayah zonasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi.

Baca juga: PPDB di Kabupaten Purwakarta Hanya Menerima Total 14 Ribu Siswa dari Tahap Pertama dan Tahap Kedua

Jalur Afirmasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu termasuk kuota bagi anak penyandang disabilitas, serta peserta didik yang membutuhkan bantuan karena kondisi tertentu.

Jalur perpindahan tugas orang tua/wali sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c, diberlakukan bagi pendaftar peserta didik yang mengikuti perpindahan atau tempat tugas orang tua/wali, dan bagi anak guru.

Jalur prestasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf d, diberlakukan bagi pendaftar peserta didik yang memiliki prestasi berdasarkan:

a. nilai rapor semester satu hingga semester lima dan rankingnya, atau ujian sekolah; dan  

b. hasil perlombaan atau penghargaan kejuaraan di bidang akademik maupun non-akademik pada tingkat internasional, tingkat nasional, tingkat provinsi, atau tingkat kabupaten/kota.

Baca juga: PPDB 2021, Ini Dia Posisi Tiga Besar SMA Negeri Favorit di Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat

Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah V Provinsi Jawa Barat, Nonong Winarni mengatakan, penerimaan perseta didik ini telah diatur oleh aplikasi.

Sehingga bagi siswa yang ingin daftar di luat jalur zonasi bisa memilih salah satu jalur dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

"Bisa ke manapun (daftar sekolah, red). Tapi bukan zonasi, bisa pake jalur prestasi atau afirmasi, semua diatur oleh aplikasi," kata Nonong saat dihubungi via pesan singkat.

Informasi Resmi PPDB 2020 SMA SMK SLB hanya dapat diperoleh melalui website resmi Disdik Jabar di http://disdik.jabarprov.go.id dan https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id

Informasi terkait web PPDB melalui website http://dapodik.disdik.jabarprov.go.id/elok

Informasi simulasi PPDB dapat digunakan calon pendaftar untuk mempelajari cara pendaftaran SMA dan SMK.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved