Breaking News:

Pemkab KBB Izinkan Obyek Wisata Buka, Tapi Pengunjung Dibatasi Hanya 25%, Pengelola Wisata; Percuma

Pemkab KBB Kembali mengizinkan semua objek wisata untuk buka kembali karena saat ini wilayahnya sudah keluar dari zona merah

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Siti Fatimah
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
ilustrasi - Pemkab KBB Kembali mengizinkan semua objek wisata untuk buka kembali karena saat ini wilayahnya sudah keluar dari zona merah. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali mengizinkan semua objek wisata untuk buka kembali karena saat ini wilayahnya sudah keluar dari zona merah dan masuk ke zona oranye.

Sebelumnya, objek wisata di KBB terpaksa ditutup sejak 16 hingga 22 Juni 2021 karena masih zona merah, kemudian Pemkab Bandung Barat memperpanjang penutupan dari 23 Juni hingga 29 Juni mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi terbaru Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Barat, bahwa wilayah KBB memang sudah masuk zona oranye.

Baca juga: Pemda KBB Putuskan Perpanjangan Penutupan Obyek Wisata Hanya Satu pekan

"Hari ini kita suda zona oranye. Tempat wisata memang secara aturan kalau zona oranye boleh buka," ujarnya saat ditemui di Padalarang, Kamis (24/6/2021).

Hal ini sesuai surat Edaran Nomor:360/16141614- BPBD/2021 tentang Pengendalian Penyebaran Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di wilayah KBB, sehingga objek wisata diizinkan beroperasi.

Dalam surat edaran itu disebutkan bahwa daerah yang masuk zona oranye diperbolehkan untuk membuka objek wisata dengan pembatasan kapasitas maksimal 25 persen dan pengetatan protokol kesehatan.

"Memang kalau secara aturan diperbolehkan dan kemarin juga Disparbud minta izin, ya silahkan yang penting prokesnya harus ketat," kata Hengky.

Baca juga: Masih Masuk Zona Merah, Penutupan Obyek Wisata di KBB Diperpanjang

Meski sudah zona oranye, Hengky mengingatkan kepada semua pelaku wisata dan masyarakat untuk tetap waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

General Manajer Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC) Lembang, Sapto Wahyudi mengatakan, pihaknya sudah menerima informasi tersebut, namun untuk hari ini pihaknya masih melakukan persiapan.

"Kita sudah terima informasi KBB zona oranye. Sudah boleh buka, cuma hari ini kita gak langsung buka, prepare dulu," ujarnya.

GM Objek Wisata Dusun Bambu Patar Aruan mengaku, pihaknya masih belum membuka operasional karena informasi KBB sudah zona oranye mendadak.

Sedangkan karyawan sudah diinfokan bahwa mereka diliburkan sampai tanggal 25 Juni 2021 mengacu kepada pemberitahuan dari pemerintah daerah sebelumnya. 

"Kita masih tutup karena dapat info zona oranye tadi pagi dan gak gampang kordinasi dengan karyawan yang sudah kadung diliburkan. Ya wait and see dulu, percuma kalau buka kunjungan dibatasi 25 persen karena kemungkinan tamu juga sedikit," kata Patar.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved