Breaking News:

Mengenal Jaringan Listrik PLN dan Jarak Amannya

Dari sekian banyak kabel membentang di jalanan, ternyata tidak semuanya milik PLN lo! Lalu apa sih jaringan listrik PLN dan apa ciri-cirinya?

dok.pln
Petugas PLN sedang melaksanakan pemeriksaan jaringan listrik. Jaringan listrik PLN terdiri dari 4 kabel dan terpilin (bukan satuan). 

TRIBUNJABAR.ID,- Saat jalan, kita sering melihat adanya banyak kabel yang membentang. Namun, dari sekian banyak kabel itu, ternyata tidak semuanya milik PLN lo!
Apa itu jaringan listrik PLN dan apa ciri-cirinya?

Jaringan listrik PLN adalah saluran kabel untuk menyalurkan/ memasok listrik dari pembangkit hingga pada akhirnya sampai ke ke pelanggan (pabrik, rumah sakit, tempat ibadah, kantor dan rumah tangga). Proses penyaluran tersebut memerlukan waktu dan menempuh jarak yang panjang.

Tidak semua kabel di tiang listrik adalah milik PLN. Ciri termudahnya adalahjaringan PLN terdiri dari 4kabel (R,S,T,dan N) yang terpilin. Jaringan dibuat melilit (terpilin) agar lebih rapi dan memudahkan dalam konstruksi.

Berdasarkan informasi diatas, dapat kita simpulkan bahwa semua kabel yang tidak terpilin (satuan) bukan milik PLN.

Jarak Aman Jaringan Listrik

Meski jaringan listrik ada disekitar, ternyata kita tetap harus menjaga jarak. Hal ini untuk mencegah adanya permasalahan ketenagalistrikan yang akan berdampak pada PLN dan masyarakat.

Jalur lintas yang dilalui jaringan listrik atau yang disebut ruang bebas hambatan ini harus bebas dari berbagai penghalang (benda atau makhluk hidup seperti ranting pohon, arku layang layang atau bangunan).

Apabila ada jaringan yang bersentuhan dengan penghalang, hal tersebut dapat menyebabkan gangguan di jaringan yang mengakibatkan terputusnya pasokan lisrik ke masyarakat/padam dan bahkan kecelakatan masyarakat umum seperti tersetrum/ kebakaran bila terkena manusia/ benda mudah terbakar.

Berikut jarak aman antara jaringan listrik dengan benda/lingkungan hidup terutama pemanfaat/pengguna tenaga listrik: Jarak Aman (Safety Distance)

jarak aman  antara jaringan listrik dengan benda/lingkungan hidup
jarak aman antara jaringan listrik dengan benda/lingkungan hidup (dok. PLN)

Kegiatan yang Mengganggu Jaringan Listrik

Meski jaringan listrik melalui saluran udara terpasang sesuai SOP, terkadang masih saja ada berita mengenai padam akibat gangguan jaringan. Berikut contoh kegiatan yang dapat mengganggu jaringan listrik:
1. Memasang antena/reklame/baliho/umbul umbul /neon box didekat jaringan listrik
2. Bermain layang layang menggunakan arku/kawat di sekitar jaringan listrik
3. Mencantol listrik untuk penerangan
4. Mendirikan/memperbaiki bangunan yang terlalu dekat dengan jaringan listrik tanpa koordinasi dengan PLN
5. Membakar sampah/ bermain petasan dibawah jaringan listrik
6. Membiarkan ranting-ranting pohon mengenai jaringan listrik
7. Memarkir truk/trailer di dekat jaringan listrik

Kegiatan yang mengganggu jaringan listrik tersebut selain membahayakan juga dapat menyebabkan padam yang pemulihannya pun membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena petugas harus menelusuri sepanjang jaringan untuk mencari titik gangguan. Oleh karena itu, mari kita jaga jaringan listrik untuk kemanan dan kenyamanan kita bersama.

Apabila ada yang melakukan tindakan membahayakan jaringan listrik maka peringatkan, hentikan dan laporkan ke Layanan Contact Center PLN 123

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved