Breaking News:

Bisnis

Analisis Ekonomi Acuviarta Kartabi, KPBS Menguntungkan Peternak Sapi Perah di Pangalengan

Analisis Ekonomi Acuviarta Kartabi, KPBS Menguntungkan Peternak Sapi Perah di Pangalengan, Simak analisisnya di bawah ini.

Penulis: Shania Septiana | Editor: Januar Pribadi Hamel
Dokumen Pribadi
Acuviarta Kartabi, Pengamat Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan 

KOPERASI Peternakan Bandung Selatan merupakan koperasi yang berhasil dibangun oleh anggotanya. Apa pendapat pengamat ekonomi mengenai keberhasilnnya?

Simak analisis ekonomi dari Acuviarta Kartabi, Pengamat Ekonomi yang juga  Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan.

//

Karyawan mengemas susu di Pabrik Susu KPBS di Pangalengan, Kabupaten Bandung.
Karyawan mengemas susu di Pabrik Susu KPBS di Pangalengan, Kabupaten Bandung. (TRIBUN JABAR/JANUAR P Hamel)

KPBS didirikan oleh orang-orang yang memahami bisnis di sektor peternakan, memiliki pengetahuan dan manajemen profesionalitas yang baik.

Kalau kita lihat mereka, kan, fokusnya di sapi perah dan produk susu. Dan di sisi lain, hilirnya itu berkembang sekali industri pengolahan susu.  Menurut saya cocok dengan di mana habitat dan dimana koperasi itu berkembang.

Sehingga kemudian menjadi koperasi yang maju dan berkembang, di samping itu juga, dilihat dari pengelolaan, KPBS memiliki prinsip dasar yang memang secara fundamental dan historis sudah terbangun manajemennya.

Koperasi yang sudah berdiri setengah abad lebih ini tentunya menjadi peran penting dalam sektor perekonomian di Pangalengan.

Banyak peternak sapi perah yang terbantu dengan adanya KPBS, baik dalam pendistribusian hasil ternaknya maupun dalam pemutaran modal didalamnya.

Karyawan mengemas susu di Pabrik Susu KPBS di Pangalengan.
Karyawan mengemas susu di Pabrik Susu KPBS di Pangalengan. (TRIBUN JABAR/JANUAR P HAMEL)

Untuk masuk ke sektor industri pengolahan susu pasti dengan kapasitas skala dan volume yang besar. Dengan bergabung dalam keanggotaan hal tersebut menjadi daya tawar terhadap industri.

Hal tersebut menjadi lebih baik dibandingkan peternak sapi perah menjual susu hasil panennya ke industri secara perorangan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved