Breaking News:

212 Pegawai RSHS Bandung Terpapar Covid-19, Tingkat Keterisian BOR Nyaris Penuh

212 pegawai RSHS Bandung terpapar Covid-19 dan jumlah tersebut mengalami peningkatan

Penulis: Cipta Permana | Editor: Siti Fatimah
istimewa
Unit Gawat Darurat (UGD) RSHS Bandung- 212 pegawai RSHS Bandung terpapar Covid-19. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Meski telah mengalami penambahan jumlah ketersediaan, namun tingkat keterisian tempat tidur (BOR) pasien Covid-19 di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung terus mendekati angka 100 persen atau penuh.

Plh. Direktur Pelayanan Medik, Perawatan dan Penunjang RSHS Bandung, dr. Yana Akhmad Supriatna Sp.PD-KP mengatakan, berdasarkan data okupansi BOR per Senin (21/6/2021), dari ketersediaan 231 tempat tidur telah terisi sebanyak 207 tempat tidur atau 89,61 persen.

"Setelah kita mencoba meningkatkan kapasitas jumlah tempat tidur, maka kini tercatat ketersediaannya ada sebanyak 231 tempat tidur, yang terdiri dari 48 tempat tidur isolasi ICU dan 183 tempat tidur ruang isolasi non ICU.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat Signifikan, BOR Rumah Sakit di Kabupaten Cirebon Capai 91,47 Persen

Dari jumlah tersebut tingkatketerisian BOR telah mencapai 9 persen di ruang ICU, sedangkan keterisian isolasi non-ICU sebanyak  89,6 persen, maka BOR keseluruhan ruang isolasi ini adalah 89 persen," ujarnya kepada wartawan melalui rekaman video resmi RSHS Bandung, Senin (21/6/2021).

dr. Yana menuturkan, melonjaknya jumlah pasien Covid-19 yang di rawat di RSHS Bandung, selain berdampak pada tingkat keterisian BOR yang signifikan, namun juga pada jumlah tenaga kesehatan (nakes) dan pegawai RHSH Bandung yang ikut terpapar Covid-19.

Dimana, menurutnya, hingga Minggu (20/6/2021), terdapat 212 pegawai rumah sakit rujukan Covid-19 Provinsi Jawa Barat tersebut, terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca juga: BOR Ruang Isolasi Covie-19 di KBB Penuh, Pemda Harus Mengutak-Atik Ruangan Pasien Umum

Secara perbandingan, jumlah tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya, dimana pada Bulan Mei lalu, tercatat hanya 61 pegawai yang terkonfirmasi terpapar positif Covid-19.

"Untuk bulan ini (Juni) sampai tanggal 20 atau kemarin itu, sudah tercatat ada 212 pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19, dengan rincian 171 nakes dan 41 non-nakes, dari 212 orang terkonfirmasi sebanyak 14 orang yang sedang menjalani perawatan, atau sekitar enam persen, selebihnya itu tanpa gejala (OTG) atau gejala ringan yang menjalani isolasi di rumah masing-masing," ucapnya.

Ia mengaku, meski cukup banyak pegawai yang terpapar Covid-19, namun ia memastikan bahwa pelayanan kesehatan di RSHS Bandung tidak terganggu, baik untuk pelayanan Covid-19 maupun non-Covid-19.

Meski demikian, seiring terus meningkatnya kasus positif Covid-19 selama beberapa minggu terakhir, telah turut berdampak pada beban psikologis maupun beban fisik dari para tenaga kesehatan di RSHS Bandung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved