Breaking News:

Covid 19 di Jabar

Waspada, Covid-19 Delta Asal India Diduga Sudah Masuk Bandung, Ini yang Harus Dilakukan Masyarakat

Emil menduga Covid-19 varian Delta asal India sudah masuk Bandung. Ini hal yang harus dilakukan masyarakat.

Editor: taufik ismail
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ilustrasi Covid-19. Varian Covid-19 Delta asal India diduga sudah masuk Bandung. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Waspada, Covid-19 varian Delta asal India yang jauh lebih menular dan lebih berbahaya dari varian sebelumnya diduga kuat sudah menyebar di Kota Bandung dan sekitarnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) terhadap sejumlah sampel Covid-19 di Bandung tengah dilakukan untuk memastikan hal itu.

Walaupun hasilnya belum keluar, pria yang akrab disapa Emil ini merasa bahwa varian tersebut memang sudah beredar di Bandung.

"Feeling saya, ada ya, tapi harus kita tunggu secara resmi," kata Emil di Markas Kodam III Siliwangi, Selasa (15/6/2021).

Kalaupun memang varian baru ini ada di Jabar, kata Emil, antisipasinya sebenarnya sama, yakni disiplin dengan penerapan protokol 5M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.

"Daya mematikannya tidak terlalu tinggi, ada catatannya. Tapi daya tularnya 2,4 kali lipat. Jadi kata Pak Menkes ibaratnya yang sekarang 1000 cc, tipe varian itu 3000 cc, jadi kecepatan menularnya tinggi, makanya lompatannya terduga dari sana juga," katanya.

Namun, para dokter di Cina, seperti dilansir The New York Times, menyebut varian Delta ini berbeda dan lebih berbahaya daripada versi asli virus korona.

Pasien yang terinfeksi varian Delta menjadi lebih sakit, dan kondisinya memburuk dengan lebih cepat.

Di Jawa Barat, kata Emil, kasus baru Covid-19 melonjak tajam pascalibur Idulfitri lalu.

Padahal pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di Jabar hingga hari H Idulfitri terbilang sangat berhasi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved