Breaking News:

Virus Corona di Jabar

Bandung Raya Akan Terapkan WFH Lagi, Ridwan Kamil Tegaskan Dampak Nekat Mudik Lebaran

Emil mengatakan pengetatan kegiatan masyarakat kembali ini adalah konsekuensi dari peningkatan kasus Covid-19 di Bandung Raya.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Ravianto
Istimewa/tribunnews.com
Pos penyekatan mudik lebaran 2021 di perbatasan Puncak-Cianjur, Jawa Barat, jebol oleh ribuan pemudik, Kamis (13/5/2021) dini hari. Rumah sakit di Bandung Raya dan Bodebek, katanya, merasakan dampak aktivitas libur Lebaran, yaitu mengalami lonjakan pasien Covid-19 yang meminta dirawat. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan tengah membahas pengaturan kembali bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Bandung Raya.

Selain itu, kata Emil, ia juga tengah mengatur kembali pengetatan sejumlah kegiatan dan aktivitas masyarakat di Bandung untuk mengendalikan peningkatan kasus Covid-19.

"Nanti sudah saya instruksikan, diwakili Sekda Kota Bandung kebijakan WFH sedang dihitung, kebijakan nikahan sedang dihitung, khususnya Bandung Raya," ucapnya di Bandung, Minggu (13/6).

Emil mengatakan pengetatan kegiatan masyarakat kembali ini adalah konsekuensi dari peningkatan kasus Covid-19 di Bandung Raya.

"Termasuk pengetatan-pengetatan yang memang akan jadi pola. Jadi jangan kaget, kalau kasus naik, maka akan diperketat. Mudah-mudahan bisa turun seperti sebelum Lebaran,” katanya.

Rumah sakit di Bandung Raya dan Bodebek, katanya, merasakan dampak aktivitas libur Lebaran, yaitu mengalami lonjakan pasien Covid-19 yang meminta dirawat.

Rata-rata berasal dari kluster keluarga yang didatangi pemudik.

"Bed occupancy ratio (BOR) Kota Bandung, contohnya, berada di 85 persen. BOR rumah sakit di Jawa Barat juga naik dari terendah saat menjelang Idulfitri sekitar 30 persen menjadi 68 persen hari ini," katanya.

Langkah yang dilakukan adalah penambahan kamar dan penambahan relawan tenaga kesehatan sedang diupayakan.

Ini pula yang dikatakan Emil saat meninjau langsung ketersediaan tempat tidur bagi pasien Covid-19 di RSUP Dr Hasan Sadikin dan Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA), Kota Bandung, Sabtu (12/6) malam.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved