Breaking News:

Jarang Terjadi, Petani Beraktifitas di Gunung Papandayan Terancam Penjara 10 Tahun

Beraktifitas di Cagar Alam Gunung Papandayan, petani asal Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung H Agus Mu'min terancam penjara 10 tahu

tribunjabar/mega nugraha
Para Keluarga yang Memilih Tinggal di Gubuk Tanpa Listrik di Dekat Hutan Terlarang, Demi Kehidupan 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Beraktifitas di Cagar Alam Gunung Papandayan, petani asal Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung H Agus Mu'min terancam penjara maksimal 10 tahun dan denda Rp 200 juta karena

Dia didakwa melakukan tindak pidana Pasal 40 ayat 1 jo Pasal 19 ayat 1 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya.

Baca juga: Anggota TNI AU dan Istrinya Ditembak Orang Tidak Dikenal saat di Dalam Mobil

Pepep DW, aktifis lingkungan Komunitas Sadar Kawasan, mengatakan, sejak 10 tahun terakhir aktif mengkampanyekan soal sadar kawasan.

"Setahu kami, ini baru yang pertama terjadi pelanggaran terhadap kawasan Cagar Alam diproses hukum sampai ke pengadilan. Biasanya hanya sebatas di BAP lalu janji tidak akan mengulangi," kata Pepep saat dihubungi pada Rabu (9/6/2021).

H Agus Mu'mini ini membuka kebun di kawasan Gunung Papandayan yang posisinya berada di Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Adapun lokasi kebun yang digarap H Agus Mu'min berada di dalam Cagar Alam Gunung Papandayan.

Baca juga: Kata Mantan Persib Ikut Piala Wali Kota Solo, Jangan Terbebani Juara dan Ingatkan Soal Risiko Cedera

Pepep bersama komunitas Sadar Kawasan sejak 10 tahun terakhir, sering menemukan akktifitas di Cagar Alam. Menurutna, ada tiga klasifikasi ihwal aktifitas di cagar alam.

Pertama, ada buruh yang ke Cagar Alam untuk menyambung hidup dengan berkebun. Lalu ada pemilik modal yang merambah kawasan dengan massif. Ketiga masyarakat miskin yang tidak punya pilihan lain selain memanfaatkan kawasan meski dengan relatif kecil.

"Yang pemilik modal ini relatif massif, bisa hektaran lahan mengelola lahan di Cagar Alam dengan memanfaatkan tukang. Pemilik modal ini enggak mau tahu lokasi dimana yang penting bisa digarap," ucap dia.

Karena perbuatannya menggarap lahan di Cagar Alam Gunung Papandayan, H Agus Mu'min terpaksa harus duduk jadi terdakwa di Pengadilan Negeri Bale Bandung.

Baca juga: LOWONGAN KERJA Terbaru di Bank Syariah Indonesia untuk Fresh Graduate Lulusan S1/S2, Daftar di Sini

Perkara ini sudah disidangkan di Pengadilan Negeri Bale Bandung sejak 22 April 2021 hingga saat ini.

Halaman
1234
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Mega Nugraha
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved