Breaking News:

Harga Kedelai Naik Hingga Pengusaha Tahu Ingin Mogok Produksi, Begini Kata Kadispangtan Purwakarta

Kenaikan harga kedelai itu membuat sejumlah perajin tahu merencanakan aksi mogok produksi mulai hari ini sampai Minggu (30/5/2021).

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Paguyuban produksi tahu se-Jawa Barat berencana menggelar aksi mogok produksi selama tiga hari mulai besok hingga Minggu (30/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA- Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Purwakarta, Sri Jaya Midan, menanggapi perihal melonjaknya harga kedelai.

Kenaikan harga kedelai itu membuat sejumlah perajin tahu merencanakan aksi mogok produksi mulai hari ini sampai Minggu (30/5/2021).

Midan mengakui bahwa Purwakarta memang masih mengandalkan kedelai-kedelai impor. Sebab, luas tanam kedelai di Purwakarta masih di bawah 500 hektare.

"Saat ini petani di Purwakarta belum menanam kedelai karena memang nanti waktu tanamnya (kedelai) setelah panen padi. Terkadang petani itu lakukan panen muda untuk sayur atau kedelai rebus," ujarnya, Jumat (28/5/2021).

Sebelumnya, eorang pemilik pabrik tahu di Jalan Purnawarman, Purwakarta, H Adis mengaku sempat mengikuti rapat bersama pemilik tahu se-Jawa Barat di Bandung. 

Baca juga: Meski Harga Kedelai Naik, Sebagian Pengusaha Tahu Sumedang Tak Akan Mogok Produksi

"Saat rapat (Sabtu 22 Mei 2021) dibahas itu soal mogok produksi selama tiga hari dari Jumat, Sabtu, dan Minggu," katanya, Kamis (27/5/2021).

Alasan dilakukan pemogokan produksi ini, kata H Adis, lantaran harga kedelai yang semakin melonjak tinggi. H Adis menyebut kenaikan ini sudah terjadi hampir sekitar empat bulan. 

"Awalnya itu harga kedelai Rp 700 ribu per kuintal, lalu harga sekarang Rp 1,1 juta tapi bukan tidak mungkin masih akan naik lagi," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved