Breaking News:

Wow, Ada Bunga Abadi di Rancaupas yang Karakternya Seperti Edelweis

Bunga abadi di Rancaupas yang karakternya mirip bunga edelweis itu berbentuk seperti payung, berwarna putih dan terdapat bintik-bintik hitam,

TRIBUNJABAR.ID, LUTFI AHMAD MAULUDIN
Bunga khas di Rancaupas, Ciwidey, Kabupaten Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Ternyata terdapat bunga abadi yang tumbuh subur menghiasi rawa di Rancaupas, Rancabali, Kabupaten Bandung.

Bunga tersebut bukanlah bunga edelweis, yang kerap disebut bunga abadi. Namun terdapat kesamaan, dengan bunga edelweis, yakni tidak layu setelah dipetik.

Bunga abadi di Rancaupas tersebut, berbentuk seperti payung, berwarna putih dan terdapat bintik-bintik hitam, diameter lingkarannya sekitar 3 centimeter dan memiliki tangkai yang panjang.

Sedangkan daunnya berwarna hijau panjang dan lancip diujungnya, seperti daun pandan, namun tak memiliki wangi khas pandan.

Baca juga: Berkemah Jadi Pilihan Wisatawan Saat Libur Panjang, Seperti di Rancaupas Bandung Selatan

Mungkin kini tak banyak orang yang tahu terdapat bunga yang karakternya seperti bunga edelweis. Di Rancaupas bunga tersebut kini masih tumbuh subur, di rawa tapi terlihat belum ditata.

Rencananya bunga tersebut akan dibudidayakan oleh Pengelola Rancaupas. Tentu jika bunga tersebut dibudidayakan akan menjadi spot, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Cluster Manager Kawah Putih, Rancaupas, dan Patuha Resort , Trisna Mulyana, mengungkapkan bahwa di Rancaupas itu sekitar tahun 1990 punya rawa yang di dalamnya menjadi habitat tumbuhnya sejenis bunga, yang disebut bunga rawa.

"Tapi karena memiliki karakter tidak membusuk maka saat itu dinamakanlah eidelwis rawa. Walaupun eidelwis pada umumnya tumbuh di puncak gunung di atas ketinggian 2.000 mdpl, tapi ini di habitat rawa bisa tumbuh," ujar Trisna, saat ditemui di Rancaupas, beberapa hari lalu.

Trisna mengungkapkan, kalangan muda pada saat itu menyebutnya eidelweis rawa. "Dulu itu (bunga tersebut) terhampar di sekitar 2 hektare kawasan Rancaupas, walaupun ada perubahan masih ada satu spot di situ masih terdapat habitat yang cukup bagus," kata Trisna.

Halaman
12
Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin
Editor: Darajat Arianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved