Breaking News:

Ini Penampakan Desain Masjid Bentuk Bunga Teratai dan Menara Kujang, Bisa Lihat Waduk Dari Menara

Jawa Barat akan memiliki monumen berupa Menara Kujang Sapasang serta Masjid berbentuk bunga teratai

istimewa
Jawa Barat akan memiliki monumen berupa Menara Kujang Sapasang serta Masjid berbentuk bunga teratai 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jawa Barat akan memiliki monumen berupa Menara Kujang Sapasang di kawasan Jatigede, Kabupaten Sumedang. Monumen sekaligus menara pandang tersebut akan memiliki tinggi 99 meter, berdekatan dengan masjid yang juga akan menjadi ikon Jatigede.

"Diharapkan jadi monumen sekelas Patung Liberty. Letaknya di atas bukit yang mengarah ke Waduk Jatigede. Tingginya 99 meter, mencerminkan Asmaulhusna (99 nama Allah)," kata Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat, Boy Iman Nugraha, saat dihubungi, Minggu (23/5).

Menara ini, katanya, akan melengkapi sejumlah landmark di Indonesia, seperti Garuda Wisnu Kencana di Bali.

Baca juga: Jabar Bangun Menara Kujang Sepasang di Waduk Jatigede, Biayanya Rp 100 Miliar

Tujuan utamanya adalah untuk menggelorakan pariwisata di Jatigede, juga menjadi tanda keseriusan pemerintah dalam memberdayakan masyarakat sekitar Jatigede di bidang pariwisata.

desain menara kujang sepasang
desain menara kujang sepasang (istimewa)

Pembangunan kawasan Jatigede ini, katanya, bukan hanya mengenai monumen tersebut.

Tetapi juga jembatan, area kuliner atau rest area, area publik, sampai masjid. Masjid yang akan dibangun pada 4 Juni 2021 ini pun, katanya, akan menjadi ikon baru Jatigede.

"Bentuk masjidnya seperti bunga, tumbuhan yang ada di air, yaitu teratai. Semua bangunan di Jatigede ini akan mencirikan kekhasan Jawa Barat. Kami mencoba membangun kawasan skala nasional dan monumental karena ini memang salah satu proyek strategis Pemprov Jabar," kata Boy.

Dinasnya sendiri, kata Boy, hanya bertugas memonitoring dan melakukan evaluasi terhadap proyek senilai Rp 100 miliar tersebut.

Pelaksana pembangunannya sendiri adalah Pemerintah Kabupaten Sumedang yang telah menerima bantuan keuangan dari Pemprov Jabar ini.

Kawasan ini pun, katanya, akan mencerminkan kerja keras masyarakat Sumedang yang berjuang mewujudkan pembangunan Waduk Jatigede.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved