Breaking News:

BKSDA Ciamis Segera Evakuasi Kukang yang Ditemukan di Cempakawarna Tasikmalaya

Pihak BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis akan segera mengevakuasi kukang (Nycticebus javanicus) yang ditemukan warga.

Penulis: Andri M Dani
Editor: Giri

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Pihak BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis akan segera mengevakuasi kukang (Nycticebus javanicus) yang ditemukan warga.

Kukang itu ditemukan di pohon jambu di permukiman padat penduduk di Jalan Cempaka Warna Cilembang Kota Tasikmalaya, Sabtu (15/5/2021) sore.

Kukang yang merupakan satwa langka dan dilindungi tersebut ditemukan warga dalam kondisi terluka.

“Informasi awalnya kukang tersebut dalam kondisi luka, jJadi harus segera dievakuasi. Harus segera diobati. Kalau dibiarkan terlalu lama berinteraksi dengan orang dikhawatirkan akan terjadi penularan virus. Baik itu virus dari kukang ke orang atau penyakit dari manusia ke kukang,” ujar Dede Nugraha, analisis perlindungan hutan BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis ketika dihubungi Tribun, Minggu (16/5/2021).

Langkah yang akan dilakukan BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis, menurut Dede, yakni mengetahui dulu keberadaan kukang tersebut saat ini.

“Masih di Polsek Cihideung atau sudah di Seksi BKSDA Sukarindik Tasikmalaya. Kalau sudah diketahui keberadaanya akan segera dievakuasi. Secepatnya dibawa ke Ciamis,” katanya.

Setelah dievakuasi, katanya, segera dilakukan pengecekan kesehatan.

Kalau sakit atau luka segera diobati, dirawat. Selain itu juga akan dicek kondisi perilakunya, apakah masih liar atau sudah tergantung pada manusia.

“Kami juga akan menelusuri, bagaimana kukang tersebut sampai nyasar dan ditemukan di sebuah pohon jambu di permukiman warga yang banyak penduduknya,” ujar Dede.

Buru buaya

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved