Breaking News:

23 Orang Mengalami Luka Bakar Akibat Ledakan dalam Sebuah Kebakaran di Medan

"Jadi ada lidah api yang menyambar, membakar pasukan kami dan masyarakat. Saat itu memang posisi sedang memadamkan api," katanya.

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Tribun Jabar
Ilustrasi petugas pemadam kebakaran sedang berusaha memadamkan api 

TRIBUNJABAR.ID, MEDAN- Sebanyak 23 orang mengalami luka bakar akibat ledakan saat kebakaran di sebuah rumah toko di Medan, Rabu (12/5/2021) pagi.

Beberapa orang dari mengalami luka bakar itu merupakan petugas pemadam kebakaran yang sedang berusaha memadamkan api di ruko di Jalan KL Yos Sudarso, Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan, itu.

Dua dari 23 orang tersebut mengalami luka bakar sangat serius, di atas 70 persen.

Dikonfirmasi melalui telepon pada Rabu siang, Kepala Dinas Pencegahan dan Pemadam Kota Medan, Albon Sidauruk, mengatakan kebakaran itu terjadi sekitar pukul 09.42 WIB.

"Setelah mendapat informasi itu, kami langsung turun ke lokasi. Ada lima damkar ke lokasi. Dalam 1 jam api berhasil dipadamkan," katanya.

Hanya, saat petugas pemadam bersama masyarakat sedang menyiramkan air ke api, tiba-tiba ada ledakan dari dalam rumah toko tersebut dan menerjang pintu di rumah tersebut.

Baca juga: Kebakaran Kilang Minyak Pertamina di Balongan, Polisi belum Tetapkan Tersangka

Tak cuma itu, juga muncul lidah api yang menyambar petugas dan masyarakat yang berada di lokasi tersebut.  "Jadi ada lidah api yang menyambar, membakar pasukan kami dan masyarakat. Saat itu memang posisi sedang memadamkan api," katanya. 

Albon mengakui, saat itu, ada sebagian petugas yang tidak menggunakan pakaian sesuai standard operating procedure (SOP) karena dalam kondisi sedang kalut dan darurat.

Dari 3 orang petugas yang mengalami luka bakar, seorang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Pirngadi Medan

Dua orang lainnya, bersama dengan 20 orang lain masih dirawat di Rumah Sakit Delima di Medan Labuhan.

Baca juga: Kebakaran di Rumah Sakit Covid-19 Tewaskan 80 Orang, Menteri Kesehatan Irak Langsung Mundur

Dua Warga Luka Bakar di Atas 70 persen  

"Kalau anggota damkar tak terlalu serius. Yang serius itu 2 orang masyarakat yang di atas 70 persen. Informasi yang kita dapat, ada 20 masyarakat yang luka bakar," katanya.

Ia menduga di lokasi kebakaran terdapat bahan-bahan yang mudah terbakar seperti bahan bakar minyak (BBM), bahan kimia yang mudah terbakar atau gas.

"Kami belum bisa informasikan karena lebih tepatnya dari Labfor, yang meledak apa. Dugaan kami ada bahan yang mudah terbakar, seperrti BBM, atau gas," katanya. (Penulis : Kontributor Medan, Dewantoro)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ledakan di Ruko Terbakar di Medan, 23 Warga dan Petugas Damkar Luka Bakar",

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved