Puasa Tinggal Beberapa Hari Lagi, Ini Cara Jaga Tubuh Agar Tetap Bugar dan Siap Sambut Lebaran

Menjaga kesehatan tubuh saat puasa di akhir bulan Ramadan ini juga perlu dilakukan agar tetap bugar dan siap sambut Lebaran

Editor: Siti Fatimah
Getty
Ilustrasi- Menjaga kesehatan tubuh saat puasa di akhir bulan Ramadan ini juga perlu dilakukan agar tetap bugar dan siap sambut Lebaran 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tidak terasa bulan Ramadan sudah hampir berakhir dan akan berganti bulan Syawal. Puasa hanya tinggal hitungan beberapa hari saja. Setelah itu Umat Islam akan merayakan kemenangan bulan Ramadan di Hari Raya Idul Fitri.

Meski puasa hanya tinggal beberapa hari lagi, harus tetap semangat dan tidak lupa tetap jaga tubuh agar tetap bugar hingga siap sambut lebaran dengan tubuh sehat.

Berbagai cara bisa dilakukan agar tubuh tetap bugar meski sedang puasa.

Baca juga: Sering Diolah Jadi Menu Buka Puasa, Berikut adalah 7 Manfaat Kolang-kaling untuk Kesehatan Tubuh

Namun tentu saja untuk menjaga tubuh tetap bugar saat puasa harus disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing orang.

Dikutip dari Kontan.Id, berpuasa menimbulkan efek badan menjadi lemas. Simak cara agar badan tetap bugar meski berpuasa Ramadan.

Selama bulan suci Ramadan, umat Islam akan menjalankan puasa setiap hari dari fajar hingga matahari terbenam.

Secara tradisional, umat Islam melakukan buka puasa saat matahari terbenam dan kemudian makan lagi dengan makan subuh yang disebut sahur. 

Ada bukti yang menunjukkan, puasa bisa berdampak positif pada kesehatan. Selama Ramadan, beberapa orang mungkin tidak melakukan aktivitas fisik, dan akibatnya, berat badan mungkin bertambah selama bulan tersebut. 

Selain itu, makan buka puasa atau sahur secara berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan. Namun, dengan mengikuti asupan nutrisi yang benar, umat Islam kemungkinan bisa menurunkan berat badan, tekanan darah, dan kolesterol. 

Baca juga: Jaga Kesehatan Tubuh di Tengah Pandemi dengan 5 Langkah Detoksifikasi di Pagi Hari Ini

Cara menjaga tubuh tetap bugar saat berbuka puasa
 

Dikutip dari laman WHO, makan tiga buah kurma untuk berbuka puasa adalah cara tradisional dan sehat untuk memulai buka puasa. Kurma merupakan sumber serat yang sangat baik.

Selain itu, mengonsumsi banyak sayuran juga penting untuk memberikan vitamin dan nutrisi penting.

Pilihlah makanan dari biji-bijian yang memberi tubuh energi dan serat.

Lalu, nikmati daging tanpa lemak panggang atau panggang, ayam dan ikan tanpa kulit, untuk mendapatkan porsi protein yang sehat.

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved