Breaking News:

Jabar Jadi Pintu Masuk, Petugas Diminta Jangan Lengah, Ridwan Kamil; Pemudik Curi-curi Waktu

Ridwan Kamil minta petugas jangan lengah karena Jabar menjadi titik pertama masuk warga DKI Jakarta maupun Banten menuju ke arah Jateng dan Jatim

istimewa
Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2021 di Halaman Depan Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (5/5). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil minta petugas jangan lengah karena Jabar menjadi titik pertama masuk warga DKI Jakarta maupun Banten menuju ke arah Jateng dan Jatim. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebanyak 158 pos penyekatan mudik Lebaran sudah disiapkan di perbatasan jalan tol dan arteri Jawa Barat. Para petugas akan mencegah masuknya pelaku perjalanan lintas batas wilayah yang nekat mudik. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan, penyekatan jalan akan berlangsung pada 6-17 Mei 2021. 

Petugas yang terdiri dari unsur Kepolisian, TNI, dan perangkat daerah, sudah menyiapkan skema penyekatan secara komprehensif.

“Penyekatan di Jabar itu terus dilakukan. Ada 158 titik penyekatan termasuk jalan-jalan tikus, dan juga sudah diatur sedemikian rupa oleh tim TNI/Polri,” ucap Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, usai melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2021 di Halaman Depan Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (5/5).

Baca juga: Penerapan Larangan Mudik, 158 Pos Penyekatan Didirikan di Jabar, Emil Minta Jangan Mudik Lokal

Selain menjadi daerah tujuan mudik, Jabar menjadi titik pertama masuk warga DKI Jakarta maupun Banten menuju ke arah Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim).

Kang Emil meminta petugas bersiaga 24 jam untuk mencegah pemudik selama masa peniadaan mudik.

Supaya penyekatan berjalan optimal, ia menyarankan untuk disusun jadwal sif.

“Karena ada perbincangan di media sosial, para pemudik curi-curi waktu ketika penjaga tengah beristirahat. Jadi harus dibagi dalam 3 sif dalam 24 jam," ucapnya.

Potensi kedatangan pemudik ke daerah masih bisa terjadi meski sudah ada larangan mudik.

Guna mencegah penularan COVID-19, terutama di daerah tujuan mudik, Kang Emil meminta pemerintah desa dan kelurahan menyiapkan tempat karantina bagi pemudik, baik lintas provinsi maupun kabupaten/kota.

Baca juga: Kabupaten Bandung Tetapkan 8 Titik Penyekatan Jalan, 1300 Personel Diterjunkan, Berikut Lokasinya

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved