Breaking News:

Sepekan Jelang Lebaran, Begini Antisipasi Pemkab Sumedang Menahan Lonjakan Harga Pangan

Pemerintah Kabupaten Sumedang mulai mengantisipasi lonjakan harga pangan dan kebutuhan bahan pokok di setiap pasar menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Giri
Istimewa
Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, memastikan pihaknya akan terus memantau pergerakan harga pangan di pasaran menjelang Lebaran. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Pemerintah Kabupaten Sumedang mulai mengantisipasi lonjakan harga pangan dan kebutuhan bahan pokok di setiap pasar menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, mengatakan, mulai saat ini pihaknya akan terus melakukan pengawasan guna mengantisipasi terjadinya lonjakan harga pangan tersebut.

"Untuk mengantisipasi lonjakan harga yang signifikan tentunya sudah ada mekanismenya," ujar Dony Ahmad Munir seusai membuka pelayanan program keluarga berencana (KB) bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Selasa (4/5/2021).

Jika terjadi lonjakan harga yang signifikan, kata Dony, Pemkab Sumedang akan berkomunikasi dengan pemerintah pusat, Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog), dan Pemprov Jabar untuk menstabilkan harga pangan.

Ia mengatakan, berdasarkan informasi yang didapat dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumedang, stok komoditas pangan menjelang Lebaran terpantau masih aman dan terkendali.

Kendati demikian, kata Dony, antisipasi itu harus tetap dilakukan karena menjelang Lebaran membuat daya beli dan kebutuhan masyarakat meningkat yang dapat berpotensi pada kenaikan harga komoditas pangan.

Baca juga: Harga Pangan di Pasar Tradisional di Karawang Tetap Stabil di Masa Pandemi

"Tapi kami akan terus melakukan pengawasan guna mengantisipasi terjadinya lonjakan harga pangan," kata Dony.

Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, mengatakan, hingga saat ini pihaknya juga terus melakukan langkah antisipasi terjadinya penimbunan bahan pokok di wilayah hukum Polres Sumedang.

"Lebaran tidak Lebaran, setiap hari kami terus melakukan pemantauan di pasar-pasar tradisional dan antisipasi terjadinya penimbunan dan spekulan," ujar Eko Prasetyo di Mapolres Sumedang, belum lama ini.

Untuk sementara ini, kata Eko, sejumlah komoditas pangan di pasaran masih terpantau stabil.

Baca juga: Jelang Lebaran, Disperindag Karawang Sebut Harga Pangan Normal, Hanya Gula dan Daging Ayam Naik

Meski begitu, anggota Polres Sumedang terus memantau secara intensif ke setiap pasar.

"Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya kelangkaan dan kenaikan harga bahan kebutuhan pokok masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri," kata Eko. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved